Platform Google dan Youtube Akan Bantu Akselerasi Kemampuan Digital UMKM Indonesia

Managing Director Google Indonesia Randy Jusuf

READ.ID – Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) memberikan dukungan penuh kepada platform Google dan YouTube untuk membantu mengakselerasi kemampuan digital para pelaku UMKM di Indonesia.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengapresiasi upaya YouTube dan Google dalam mendukung transformasi digital UMKM salah satunya melalui pelatihan dan dukungan untuk membantu mengembangkan usaha secara online.

“Saya berharap hal ini mampu mengakselerasi pencapaian target pemerintah 30 juta UMKM masuk ke dalam ekosistem digital,” kata Menteri Teten pada acara Flexing Lokal Bareng Google dan YouTube di Lokananta, Surakarta, Sabtu (12/8/2023).

Google dan YouTube akan memberikan lebih dari Rp2 miliar kepada para pelaku UMKM terkurasi berupa alat pemasaran digital. Untuk menerima bantuan ini, SMESCO akan memilih pemilik usaha yang dapat mengikuti lokakarya pelatihan UMKM Indonesia.

Pelatihan akan berlangsung hingga akhir tahun dimana peserta akan belajar mengenai pemasaran digital dan cara membuat aset digital untuk membantu mereka dalam mengembangkan usahanya.

Perlunya memperkuat dan menyiapkan talenta digital yang ada, dengan terus menjaga agar produk UMKM tetap unggul. Menteri Teten mengatakan produk lokal harus mampu menguasai pasar dalam negeri agar tidak didominasi oleh brand dari luar negeri.

“Banyak brand lokal yg sudah cukup bagus, anak muda bukan lagi mencari brand massal dari luar, tapi mencari brand lokal yang cocok dengan kantong anak muda,” ujar Menteri Teten.

Sementara Managing Director Google Indonesia Randy Jusuf mengungkapkan Google telah melatih pemilik usaha kecil melalui beberapa program sejak 2017.

Seperti Gapura Digital, Women Will, dan berbagai kemitraan dengan pemerintah sesuai dengan visi pemerintah untuk membangun ekonomi berkelanjutan pada 2045.

“Dukungan ini diharapkan akan membantu lebih banyak usaha mengembangkan usaha mereka secara online sehingga mereka menemukan lebih banyak pelanggan baru,” kata Randy.

Baca berita kami lainnya di

Exit mobile version