PLTU Sulbagut-1 Kapasitas 2×50 MW Resmi Beroperasi

READ.ID – Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Sulawesi Bagian Utara (Sulbagut-1) Desa Tanjung Karang, kecamatan Tomilito, Kabupaten Gorontalo Utara resmi beroperasi.

Pengoperasian PLTU Sulbagut-1 dengan kapasitas 2×50 megawatt (MW) itu ditandai dalam acara peresmian yang dilaksanakan oleh PT. Gorontalo Listrik Perdana (GLP), Kamis (29/9/2022).

“Kami telah menyelesaikan proyek strategis nasional yang dikerjakan melalui skema pengadaan listrik swasta atau Independent Power Producer (IPP) dengan kontrak PLN selama 25 tahun dan sekarang mulai beroperasi dengan full,” ujar Humas PT. GLP Ramlan Mojo saat diwawancarai.

Menurut Ramlan, sebenarnya untuk unit satu pembangkit listrik Sulbagut-1 secara komersial Commercial Operation Date (COD) sudah mulai berjalan di bulan Desember 2021. Sementara untuk unit dua COD di bulan April tahun 2022.

“Jadi perhitungan komersilnya sudah jalan. Setelah selesai pembangunan konstruksi kita sudah diterima oleh pihak PLN untuk menyuplai listrik masuk ke transmisi,” terangnya

Ramlan menjelaskan, daya pembangkit PLTU Sulbagut-1 ini nantinya akan disalurkan untuk memenuhi kebutuhan listrik antara Sulawesi Utara dan Provinsi Gorontalo berdasarkan permintaan PLN.

“Yang jelas kapasitas pembangkit listrik kami memiliki dua turbin, dua Boiler. Masing-masing mesin mampu untuk menyuplai daya listrik 50 MW dengan total dua unit itu 100 MW,” tukasnya.

Baca berita kami lainnya di

banner 468x60