Date:August 10, 2020

PMD Dukcapil Gorontalo Tingkatkan Program Penguatan Desa

Dukcapil Gorontalo

READ.ID – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kependudukan dan Catatan Sipil (PMD Dukcapil) Provinsi Gorontalo tingkatkan sejumlah program penguatan desa melalui usulan Rapat Koordinasi Teknis Perencanaan Pembangunan (Kortekrenbang) Regional I, yang berlangsung di Surabaya beberapa hari lalu.

Selain kegiatan pembinaan dan pengendalian dana desa dan evaluasi perkembangan desa, PMD Dukcapil mendorong pemanfataan teknologi tepat guna (TTG) bagi para inovator yang sudah mengikuti lomba di tingkat nasional.

“Kami juga mengusulkan pembinaan dan pembangunan tata kelola pemerintah dengan sub kegiatan penguatan pembina teknis pemerintahan desa (PPTD),” jelas Kadis PMD Dukcapil Slamet Bakri, Sebin (9/3/2020).

Lebih lanjut kata Slamet, pihaknya juga mengusulkan Pemberdayaan lembaga kemasyarakat perdesaan bekerjasama dengan kabupaten/kota. Sub kegiatan yang diusulkan bagaimana mendorong pengembangan lima desa sebagai destinasi wisata unggulan dengan berbagai produk pendukungnya.

“Berikutnya juga, kita berharap ada program untuk peningkatan pelayanan sosial dasar masyarakat desa untuk mencegah stunting di tiga kabupaten di Gorontalo,” imbuhnya.

Khusus di bidang dukcapil, diusulkan untuk peremajaan alat perekaman KTP elektronik. Ada pula usulan untuk Anjungan Dukcapil Mandiri yang bisa dimanfaatkan masyarakat mengurus administrasi kependudukan secara cepat dan mudah.

Slamet berharap berbagai program tersebut bisa teralisasi tahun 2021 nanti. Untuk mengkongkritkan berbagai usulan pada Kortekrenbang, maka akan ditindaklanjuti dengan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2020 pada bulan April mendatang. (Adv/RL/Read)