Tanggal20/01/2020

Polisi Bantu Seorang Ibu Saat Melahirkan di Hutan

Polisi Bantu Ibu Melahirkan

READ.ID – Salah satu anggota Polisi di Mapolres Bojonegoro, Ipda BJ Handoko bantu seorang ibu saat melahirkan di pinggir jalan di kawasan hutan RPH Sugihan Blok Nglamur dusun Betek, Kecamatan Gondang, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, Jumat (06/12).

Aksi heroik Polisi ini bermula saat seorang ibu, Astri Sulistyoningsih (32) yang merupakan warga Gondang tersebut, pergi bersama suaminya menggunakan sepeda motor untuk menuju tempat bidan. Namun, ditengah perjalanan di kawasan hutan, astri mengalami kontraksi atau sakit pada perutnya dan akan melakukan peralinan darurat.

Disaat bersamaan, Ipda Handoko melihat hal tersebut dan segera membantu proses persalinan dengan cara memegangi tubuh bayi menggunakan kain. Walaupun mengalami kesakitan yang luar biasa, akhirnya Astri pun melahirkan anak berjenis kelamin laki-laki dengan selamat di tempat kejadian. Kemudian Ipda Handoko dibantu warga langsung membawanya di Puskesmas setempat.

Kabid Humas Polda Jawa Timur, Kombes. Pol. Frans Barung Mangera mengatakan, Ipda Handoko yang juga menjabat sebagai Kepala Unit (Kanit) Binmas Polsek Gondang tersebut bisa memperoleh reward dari Kapolres Bojonegoro hingga Kapolda Jatim, karena tindakannya untuk melayani masyarakat, apalagi dalam kondisi darurat.

“Aksi-aksi yang seperti ini adalah sebuah kewajiban dari anggota Polri itu sendiri dan tentunya bisa mendapatkan reward dari Kapolres dan Kapolda. Ini juga akan menjadi cerminan bagi polisi-polisi lainnya,” tandas Kombes Frans. (RL/Read)