TanggalApril 11, 2021

Politisi PPP Akui Sempat Dengar Kabar Virus Corona Akibat Perang Dagang, Minta Pemerintah Lindungi Pekerja Indonesia di Luar Negeri

READ.ID.- Politisi senior Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Syaifullah Tamliha mengakui bahwa konstitusi Indonesia menyatakan, pemerintah berkewajiban melindungi warganya, termasuk Pekerja Migran Indonesia ( PMI ) yang mencari nafkah di luar negeri seperti Singapura, Malaysia, Korea Selatan, Uni Emirat Arab dan Hong Kong. Apalagi kematian akibat virus Corona sudah menyebar dan terjadi di Fhilipina dan Thailand.

Karena itu, anggota Komisi I DPR RI ini mengapresiasi langkah pemerintah untuk menghentikan sementara penerbangan dari China dan menuju China guna mengantisipasi penyebaran virus dari China daratan tersebut.

Diungkapkan dukungannya pada kebijakan Pemerintah yang mengeluarkan Peraturan Menteri (Kepmen) Hukum dan HAM soal penghapusan sementaa bebas visa untuk warga negara China. Bahkan lebih jauh, dirinya mendapat informasi bahwa penyebaran virus Corona merupakan bagian dari perang dagang global.

Syaifullah mendapat informasi yang menyebutkan terjadinya kebocoran di pusat pengembangan senjata virus di China yang akhirnya menyebar secara luas. Namun, wakil rakyat dari Dapil Kalimantan Selatan ini tidak memerinci keterangannya dengan dalih informasi itu tidak bisa diverifikasi.

Hal yang sama juga disampaikan anggota komisi IX DPR RI Mufida. Menurutnya sudah terkonfirmasi warga Indonesia di Singapura terkena inveksi virus Corona dari majikannya. Ia meminta pemerintahan Presiden Jokowi lebih serius memberi perlindungan para pekerja asal Indonesia diluar negeri yang berpotensi terpapar virus Corona.

( Akhir Rasyid Tanjung/read.id)

Share