Polri Pastikan Jamin Keamanan Tenaga Kesehatan di Papua

Tenaga Kesehatan Papua

READ.ID – Keamanan para tenaga kesehatan di Papua menjadi perhatian aparat TNI-Polri. Dua lembaga itu juga akan terus berupaya mengembalikan kondisi di Papua kembali kondusif.

Hal itu diungkapkan Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Rusdi Hartono paska insiden di Distrik Kiwirok, Papua.

“Tentunya ketika ada dorongan untuk bisa mengamankan tenaga kesehatan, ya itu menjadi perhatian TNI-Polri. Sehingga pelayanan-pelayanan kesehatan di Papua bisa berjalan dengan baik,” kata Brigjen Pol Rusdi Hartono.

Terkait permintaan Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) untuk perlindungan tenaga kesehatan di Papua, hal itu sudah menjadi hal yang diperhatikan oleh Mabes Polri.

“Bagaimana peningkatan dari pada eskalasi aktivitas dari KKB Papua, itu menjadi perhatian dari Mabes Polri dan TNI,” jelas Brigjen Pol Rusdi Hartono.

Sementara untuk pengamanan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, ia menjelaskan Polri-TNI dan instansi lainnya telah menyiapkan rencana pengamanan.

Tidak hanya itu, aparat telah mengidentifikasi berbagai hal-hal yang kemungkinan akan muncul. Salah satunya gangguan dari Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

“Tentunya juga Polri, TNI beserta instansi lain telah siapkan langkah-langkah untuk pencegahan daripada gangguan yang disebabkan oleh KKB,” terang Karopenmas Divhumas Polri.

Brigjen Pol Rusdi Hartono juga menambahkan, Polri berupaya memberikan pengamanan terbaik dan berharap PON XX Papua bisa berjalan aman dan damai.

Upaya pengamanan yang dilakukan di antaranya menggelar operasi kewilayahan oleh Polda Papua. (Rls/Rully)