Polri Siapkan 7 Ribu Personel Pengamanan G20

READ.ID – Kepolisian telah menyiapkan 7.000 aparat gabungan guna mengamankan puncak pelaksanaan konferensi tingkat tinggi (KTT) G20 yang akan digelar di Bali pada November mendatang.

Asisten Operasi Kapolri, Irjen. Pol. Agung Setya Imam Effendi, S.H., S.I.K., M.Si., mengatakan pengamanan KTT G20 dilakukan mulai dari tingkat Mabes Polri sampai dengan tingkat wilayah di Polda Bali, Polda Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Polda Jawa Timur.

“Dengan jumlah personel yang diploting sebanyak 5.746 personel dan cadangan anggota yang siap beroperasi sekitar 1.600,” jelasnya.

Asops Kapolri mengatakan pihaknya juga telah menyiapkan sejumlah perlengkapan lain dalam rangka pengamanan KTT G20 seperti secdoor, X-Ray, kendaraan khusus (ransus), kapal, dan helikopter.

Selain itu sejumlah kendaraan pengawalan serta kendaraan listrik juga telah disiapkan guna menyukseskan pelaksanaan G20. Pengamanan akan dilakukan Polri di lima kawasan utama yang terletak di Bali.

“Kita prioritaskan dalam 5 kawasan Seminyak, Sanur, Jimbaran, Nusa Dua Utara, dan Nusa Dua Selatan,” tambahnya.

Polri juga telah melakukan identifikasi terkait potensi gangguan dan ancaman dalam perhelatan KTT G20. Identifikasi itu dilakukan mulai dari sejak kedatangan delegasi sampai pada saat kegiatan diselenggarakan.

Baca berita kami lainnya di

banner 468x60