Polri Tolak Tegas Permintaan KKB Merdeka


banner 468x60

READ.ID – Kapolda Papua, Irjen. Pol. Mathius D. Fakhiri,S.I.K., M.H., menegaskan bahwa pihaknya tidak akan menyetujui permintaan merdeka dan senjata api serta amunisi yang diajukan oleh KKB pimpinan Egianus Kogoya. Permintaan tersebut diajukan sebagai syarat pembebasan Pilot Susi Air Philip Mark Merthens yang disandera KKB sejak 7 Februari 2023 lalu.

“Saya menegaskan bahwa Pemerintah dan TNI-Polri telah sepakat untuk tidak mengakomodir keinginan KKB terkait permintaan merdeka serta permintaan senjata dan amunisi,” tegas Kapolda Papua melalui keterangan tertulis, Sabtu (14/10/23).

banner 468x60

Kapolda menjelaskan bahwa upaya negosiasi terkait pembebasan Kapten Philip masih terus dilakukan oleh Pemerintah Daerah dengan dukungan dari tokoh masyarakat dan tokoh agama. Ia pun menambahkan bahwa berkaitan dengan rincian teknis negosiasi dan isi dari perundingan tersebut, merupakan ranah pemerintah daerah setempat.

“Namun secara prinsip kami berharap dan berdoa agar upaya negosiasi itu berhasil dan pilot Philip Mehrtens dapat dikembalikan dengan selamat dan sehat,” jelasnya lebih lanjut.

Jenderal Bintang Dua itu pun menambahkan bahwa aparat keamanan, tetap berkomitmen untuk menjaga keselamatan pilot dan menghindari terjadinya korban baik dari pihak pemerintah daerah, TNI- Polri, maupun masyarakat yang terlibat.

“Saya berharap semua pihak bersabar dan mendukung upaya-upaya kami agar masalah ini segera terselesaikan. Penegakan hukum akan tetap ditegakkan sesuai aturan,” tutupnya.

Baca berita kami lainnya di

banner 468x60