Presiden Jokowi Optimis Pembangunan Bendungan Bulango Ulu Selesai Akhir Tahun 2024

Pembangunan Bendungan Bulango Ulu

READ.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) optimis pembangunan Bendungan Bulango Ulu yang merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional di Provinsi Gorontalo akan selesai akhir tahun ini. Hal itu diutarakan Kepala Negara usai meninjau pekerjaan pembangunan Bendungan Bulango Ulu dan Rumah Sakit Umum Daerah Toto di Kecamatan Kabila, Kabupaten Bone Bolango, Senin (22/4/2024).

“Insya Allah akan selesai akhir tahun ini. Sehingga itu tadi saya cek karena ingin memastikannya,” ujar Presiden Jokowi.

Proyek pembangunan Bendungan Bulango Ulu dimulai sejak tahun 2019. Bendungan ini dirancang memiliki multifungsi di antaranya memenuhi kebutuhan air baku sebesar 2.200 liter per detik dan sumber tenaga listrik dengan kapasitas 4,96 megawatt. Selain itu Bendungan Bulango Ulu juga akan mendukung pengairan lahan pertanian seluas 4.950 hektar dan mengendalikan banjir di wilayah hilir Sungai Bulango dengan mereduksi debit banjir hingga mencapai 414 meter kubik per detik.

Bendungan Bulango Ulu ini memiliki luas genangan 483 hektar dengan kapasitas tampung sebesar 84 juta meter kubik. Bendungan yang menelan anggaran pembangunan sebesar Rp2,4 triliun ini merupakan upaya dalam mengamankan dan memanfaatkan sumber daya air utamanya di wilayah Kota Gorontalo, Kabupaten Gorontalo, dan Kabupaten Bone Bolango.

“Bendungan ini besar sekali, bisa menampung 84 juta meter kubik. Ini akan meningkatkan produktivitas pertanian yang ada di Gorontalo dan sekitarnya,” jelas Presiden.

Turut mendampingi Presiden Jokowi saat meninjau Bendungan Bulango Ulu yaitu Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel, Penjabat Gubernur Gorontalo Ismail Pakaya, dan Bupati Bone Bolango Merlan Uloli.

Baca berita kami lainnya di

Exit mobile version