Presidensi G20 Indonesia Berhasil Mengesahkan Bali Leaders Declaration

Bali Leaders Declaration

READ.ID – Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Presidensi G20 Indonesia 2022 berhasil mengesahkan “G20 Bali Leaders Declaration” yang merupakan deklarasi pertama yang sukses disusun sejak dimulainya rangkaian pertemuan pada Februari 2022.

“Alhamdulillah pada hari ini, Kita dapat mengadopsi atau mengesahkan G20 Bali Leaders Declaration,” kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada keterangan persnya secara virtual sebelum menutup pertemuan KTT G20 di Hotel Apurva Kempinski, Nusa Dua, Bali pada Rabu (16/11/2022).

Presiden Jokowi optimistis, adanya kesepakatan yang dicapai antara negara G20 itu, akan membawa dampak positif terhadap pemulihan global ke depan. Karena, disusun dengan berlandaskan usulan-usulan dari perwakilan negara G20.

Banyaknya soulsi untuk mendukung pemulihan perekonomian global, membuat sebuah inklusif terjadi antara pemangku kepentingan dalam mendorong pemulihan ekonomi global ke depan.

“Menyatukan niat bersama dalam mewujudkan pemulihan dunia yang inklusif dari berbagai tantangan-tantangan baru,” kata Presiden.

Presiden mengucapkan apresiasi dan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada working groups hingga engagement groups dan semua yang mendukung Presidensi G20 Indonesia, atas tercapainya G20 Bali Leaders Declaration itu.

“Presidensi G20 Indonesia menghasilkan peluang kerja sama konkret yang berisi tentang daftar dan undangan proyek kerja sama,” ucap Presiden.

“Saya menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua yang hadir. Yang telah memberikan fleksibilitasnya, sehingga deklarasi dapat disepakati dan disahkan,” imbuh Presiden.

Jokowi yakin, dengan hasil itu akan membuat G20 semakin lebih dikenal dunia, sebab terbukti memberikan manfaat terhadap pemerintah maupun masyarakat di banyak negara, termasuk negara berkembang yang sangat membutuhkan.

Presiden berharap, pada gelaran G20 mendatang di India, dapat melanjutkan amanah yang telah disepakati pada G20 Indonesia. Sehingga, upaya mendorong pemulihan perekonomian global dapat diwujudkan melalui implementasi G20 Bali Leaders Declaration.

“India bisa melanjutkan kepemimpinan Presidensi G20 berikutnya. Menjalankan amanah untuk menjaga dan mewujudkan pemulihan global dserta pertumbuhan yang kuat dan inklusif,” pungkas Presiden Jokowi.

Baca berita kami lainnya di

banner 468x60