Produk Olahan Desa Langgula Debut di Pameran Belanda

Desa Langgula

banner 468x60

Produk hasil pengolahan cumi Kampung Cumi Desa Langgula dipamerkan di Belanda melalui ajang Go Abroad Fair, di Utrecht, Belanda yang dilaksanakan pada tanggal 24 sampai dengan 25 November 2023.

Rektor Universitas Negeri Gorontalo Prof. Dr. Eduart Wolok, S.T., M.T. mengatakan produk-produk dari Kampung Cumi salah satu desa binaan UNG mendapatkan antusiasme yang begitu besar pada ajang pameran tersebut.

banner 468x60

“Antusiasme yang besar tersebut menunjukan bahwa produk-produk desa binaan UNG yang ada di Teluk Tomini memiliki kesempatan yang sangat besar untuk lebih dikembangkan sehingga dapat menjadi komoditas ekspor Indonesia dari Teluk Tomini”, jelas Eduart.

Eduart menuturkan, Teluk Tomini merupakan teluk terbesar yang terdiri dari 528 desa pesisir yang memiliki keunggulan masing-masing, sehingga mimpi untuk memajukan Teluk Tomini menjadi niscaya.

“Desa Langgula memiliki luas wilayah sebesar 450 Ha terdiri dari daratan, pegunungan, dan perairan pesisir. Desa Langgula memiliki potensi perikanan, kelautan dan perkebunan”, ungkapnya.

Di bidang perikanan yang menjadi unggulan desa adalah cumi dengan rata-rata perolehan tangkapan oleh nelayan sebanyak 450 kg per bulan atau 15 kg setiap hari.

“Selain mengikuti pameran, delegasi UNG juga melakukan serangkaian kunjungan dengan tema collaboration dialogue di beberapa institusi pendidikan dan riset yang ada di Belanda. Universitas Negeri Gorontalo membawa isu utama pengembangan Kawasan Teluk Tomini”. pungkasnya.

Baca berita kami lainnya di

banner 468x60