Progres Perencanaan Penataan Kawasan Kumuh di Kecamatan Dumbo Raya Kota Gorontalo Capai 95%

Kawasan Kumuh

READ.ID – Progres perencanaan program penataan kawasan kumuh di Kelurahan Talumolo, Kecamatan Dumbo Raya, kini telah mencapai 95 persen.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kota Gorontalo Heru Zulkifli, pada Rapat Koordinasi Lintas Sektor di Kantor Walikota Gorontalo, Senin (14/11/2022).

Dikatakannya, untuk sisa pengerjaan 5 persen tersebut, akan diselesaikan pada minggu ini. Terlebih lagi, untuk rencana lelang di awal bulan Desember, dan kesempatan finalisisasinya pada bulan November 2022.

Heru pun menjelaskan, saat ini penataan kawasan kumuh di Talumolo didanai melalui APBN. Tidak hanya itu, Kementrian terkait pun telah mendisposisikan semacam persetujuan dan arahan-arahan mengenai upaya kelanjutan program tersebut.

“Nah, salah satu disposisi Menteri, yakni kesiapan di daerah”, kata Heru.

Heru menegaskan, bahwa pihaknya pun perlu melakukan koordinasi terkait progres perkembangan kesiapan dari semua dokumen dan persyaratan-persyaratan dan rencana penyelesaia, jikalau masih ada sisa-sia pekerjaan yang belum dituntaskan.

Menurutnya, yang perlu untuk dituntaskan berkaitan dengan administrasi serta dokumen lainnya. Yaitu menyangkut, progres penanganan lahan warga yang terdampak secara langsung maupun tidak langsung.

Pihaknya pun menyebut, jika untuk rencana aksi penanganannya sendiri, sebagian sudah jalan dan akan di finalkan di bulan ini. Sisanya kita lanjutkan tahun depan.

Rapat Koordinasi Lintas Sektor dihadiri Wakil Walikota Ryan Kono dan Plh. Sekda Kota Gorontalo, serta seluruh pimpinan SKPD di lingkup Pemkot Gorontalo. Hadir pula pihak-pihak terkait antara lain Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Gorontalo,Perwakilan Badan Jalan Nasional, Perwakilan Badan Pertanahan serta konsultan dan tim Kotaku.

Baca berita kami lainnya di

banner 468x60