PUPR Lakukan Pengerukan Sedimentasi Antisipasi Banjir Kota Gorontalo

Antisipasi Banjir Gorontalo

READ.ID – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Gorontalo, memasuki musim penghujan yang berpotensi  memunculkan genangan air, segera melakukan pengerukan sedimentasi sebagai bentuk antisipasi terjadinya banjir.

Kepala Dinas (Kadis) PUPR Kota Gorontalo Rifadli Bahsuan menjelaskan, pihaknya dalam hal ini Bidang Sumber Daya Air telah mengantisipasi hal tersebut.

“Cekdam sudah dilakukan pengerukan. Ada beberapa titik, termasuk wilayah Tenilo dan Pilolodaa, yang kemungkinan besar dapat mengakibatkan sedimentasi,” kata Rifadli Bahsuan.

Lebih lanjut Rifadli mengatakan, fokus pengerukan juga dilakukan di saluran air yang berada di pinggir jalan seperti di Jalan Kalimantan dan Jalan HB. Jassin.

“Mungkin sudah bisa dirasakan, walau dimusim penghujan, tetapi di jalan ini potensi genangan berkurang,” jelas Kadis PUPR saat diwawancarai via telfon, Jum’at (20/8/2021)

Pengerukan selanjutnya akan fokus diwilayah Kampus Universitas Negeri Gorontalo (UNG) dan sekitarnya, termasuk juga Jalan Nani Wartabone (Jalan Eks Panjaitan) yang masih terdapat genangan air yang bersumber dari saluran masyarakat yang tersumbat.

Rifadli berharap upaya ini untuk mengurangi dampak genangan yang terjadi di Kota Gorontalo. (Nurhidayanti).