PW ISNU bersama Polda Gorontalo Gelar FGD Wawasan Kebangsaan

PW ISNU

READ.ID – Pengurus Wilayah Ikatan Sarjana Nahdhatul Ulama (PW ISNU) Gorontalo, bersama Polda Gorontalo, menggelar Focus Group Discussion (FGD). Rabu, 27/10/22 di GranQ Hotel.

Kegiatan tersebut guna untuk melakukan penguatan wawasan keagamaan dan kebangsaan di Bumi Serambi Madina Gorontalo.

Kapolda Gorontalo, Irjen Pol Helmy Santika, saat menghadiri kegiatan tersebut mengapresiasi apa yang dilakukan oleh pengurus PW ISNU Gorontalo.

Dalam pembukaannya, Makmun Rasyid mewakili PW ISNU menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk saling bersinergi antar elemen bangsa dan stakholders dalam menjaga bumi Serambi Madinah.

“FGD ini untuk mengajak masyarakat, stakholders dan elemen bangsa untuk sama-sama menjaga Serambi Madinah. Dan juga memelihara perdamaian, toleransi dan menjaga kearifan lokal. Ini semua benteng yang harus kita rawat bersama.”

Dalam sesi diskusi, Kasatgaswil Gorontalo Kombes Pol Didik Novi memaparkan tentang tantangan kita di Gorontalo.

“Era disrupsi saat ini ditandai dengan menjamurnya narasi kebencian (hate speech) dan hoax, yang berpotensi menciptakan polarisasi serta memecah belah masyarakat,” ujar Kombes Didik Novi

Ia menambahkan disisi lain, perkembangan global regional terorisme yang akan berdampak pada perkembangan jaringan teror dalam negeri, karakteristik ideologi terorisme, pergeseran aktifitas terorisme yang memanfaatkan jaringan internet dan sosial media hingga potensi radikalisme di wilayah Gorontalo.

Didik mengajak pentingnya membangun kesadaran inklusif dalam bermasyarakat karena sikap inklusif merupakan cara untuk membangun hubungan antar manusia menjadi lebih serasi dengan memahami sudut pandang yang berbeda-beda.

Masyarakat inklusif merupakan kondisi masyarakat yang bisa menerima dan menghargai perbedaan sehingga masyarakat inklusif akan memiliki rasa toleransi yang tinggi dengan menghargai perbedaan yang ada dan tetap bersatu.

Baca berita kami lainnya di

banner 468x60