Remaja Cakap Digital Jadi Materi MPLS

Recak Digital Jadi Materi MPLS

READ.ID – Materi Remaja Cakap Digital (Recak Digital) kini menjadi bagian dari panduan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) siswa baru SMA Negeri 2 Limboto, Kabupaten Gorontalo. Hal ini disampaikan oleh Kepala Sekolah SMAN 2 Limboto, Maryam UI, pada Selasa (9/7/2024).

“Kami berkolaborasi dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Gorontalo, karena kami memiliki MoU terkait Recak Digital. Materi ini kemudian dimasukkan dalam panduan kegiatan MPLS,” jelas Maryam.


banner 468x60

Maryam menambahkan bahwa panduan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan juga memuat materi-materi yang dikolaborasikan dengan materi sekolah, seperti remaja cakap digital dan literasi digital.

“Baru-baru ini, Kemkominfo RI menyelenggarakan program literasi digital yang dibuka langsung oleh menteri, dan SMA Negeri 2 Limboto menjadi salah satu pilot projectnya,” ungkap Maryam.

Dalam kegiatan MPLS ini, 4 instansi terkait diundang untuk berkolaborasi, yaitu Dinas Kesehatan, Diskominfotik, Badan Narkotika Nasional (BNN), dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

MPLS SMAN 2 Limboto diikuti oleh 330 siswa baru dengan tema “Wujudkan Peserta Didik Cerdas, Unggul yang Berkarakter dan Menyenangkan, No Bullying”. Selain Diskominfotik Provinsi Gorontalo, beberapa instansi lain yang turut mengisi materi MPLS antara lain BNN Kabupaten Gorontalo, BPBD Kabupaten Gorontalo, dan Puskesmas Limboto.

Inisiatif ini diharapkan dapat membantu siswa baru SMA Negeri 2 Limboto dalam memahami dan menerapkan literasi digital serta terhindar dari berbagai bahaya di dunia maya.

Baca berita kami lainnya di


banner 468x60
banner 728x90