Ribuan masyarakat Kabupaten Gorontalo terima bantuan CBP

Bantuan Cadangan Beras

READ.ID – Korban banjir di dua desa di Kecamatan Talaga Jaya, Kabupaten Gorontalo mendapatkan bantuan Cadangan Beras Pemerintah (CBP) dari Pemerintah Daerah.

Dua desa yakni Buhu dan Hutadaa.

Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo mengatakan bantuan Cadangan Beras Pemerintah (CBP) ini ada karena masih ada masyarakat yang terdampak.

Sehingga, dirinya meminta kepada Dinas Sosial untuk dapat membantu warga yang berada di pesisir danau.

“Saya pikir banjir sudah tidak ada. Ternyata di pinggir danau itu ada genangan. Ini yang menyebabkan banjir,” ujar Nelson Pomalingo, Selasa (21/12).

Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo mengungkapkan terdapat dua jenis bantuan yang dikucurkan terhadap warga yang terdampak yakni Papan dan bantuan beras.

Bantuan berupa papan itu diadakan karena berdasarkan penuturan masyarakat yang terkena dampak luapan air danau, mereka lebih membutuhkan itu.

Saat dimana air masuk ke dalam rumah satu-satunya tempat yang dijadikan tempat tidur adalah papan.

Nelson Pomalingo pula menerangkan untuk mengatasinya itu harus dari hulu. Kemudian dipercepat pembuatan kanal. Dengan begitu banjir bisa diatasi.

“Caranya harus jadi kanal itu. Biar air bisa keluar. Kemudian saya minta juga kalau membangun rumah di pesisir itu harus panggung,” ujar Nelson Pomalingo.

Sekretaris Dinas Sosial, Titi H Nur saat dikonfirmasi jumlah penerima bantuan, dirinya mengatakan sebanyak 2368 ton diserahkan di Desa Buhu untuk 423 jiwa dan 7285 ton untuk Desa Hutadaa dengan 1301 jiwa.

“Yang dapat bantuan itu korban yang terdampak luapan danau. Jadi setiap desa itu mengusulkan ke dinas, dari situ kita data,” kata Titi H Nur.