Roni Imran: Pelabuhan Anggrek Multiplier Effect Ekonomi Warga

Roni Imran

READ.ID – Wakil Ketua DPRD Gorontalo Utara, Roni Imran menyebut keberadaan pengembangan pelabuhan Anggrek tentu memiliki multiplier effect bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat khususnya di Kabupaten Gorontalo Utara terutama Provinsi Gorontalo.

“Karena multiplier effect dari pada proyek tersebut sangat tinggi dan besar untuk masyarakat Gorontalo Utara,” kata Roni saat diwawancarai, Selasa (28/9/2021).

Roni mengatakan, dengan adanya pembangunan pelabuhan Anggrek yang bertaraf nasional, nantinya Gorut ini akan menjadi pusat dari pada pengembangan ekonomi Indonesia Timur.

“Sehingga potret dari pada Indonesia bagian Utara itu adalah di Pelabuhan Anggrek karena adanya perputaran ekonomi yang sangat besar disana,” ungkap Roni.

Lebih lanjut dikatakan Roni bahwa terkait dengan pengembangan Pelabuhan Anggrek tersebut, tentu juga harus didukung dengan ketersediaan infrastruktur yang memadai.

“Walaupun memang terhadap fasilitas yang ada di pelabuhan tersebut akan dibangun oleh pemerintah pusat, namun terhadap pengembangan infrastruktur daerah harus dapat menunjang perputaran arus barang yang ada di pelabuhan tersebut, ” tegasnya.

Memang untuk pengembangan Pelabuhan Anggrek tersebut cukup lama sampai 30 tahun, namun terhadap pengembangan tersebut tentu tidak akan menunggu sampai 30 tahun.

“Dalam beberapa tahun kedepan ini pasti akan mulai dirasakan apa yang menjadi dampak dari pengembangan pelabuhan tersebut,” terang Roni.

Bukan tanpa alasan, karena di dunia manapun, perputaran ekonominya yang besar berangkat dari pelabuhan.

“Sehingga diharapkan seiring dengan pengembangan Pelabuhan Anggrek tersebut akan berdampak juga pada perputaran ekonomi yang besar di daerah ini, ” tandasnya.