RS Aloe Saboe Mulai Over Kapasitas Tangani COVID-19

Aloe Saboe Over Kapasitas

READ.ID – Juru bicara gugus tugas penanganan COVID-19 Provinsi Gorontalo,  dr. Trianto Bialangi mengatakan RS Aloe Saboe mulai over kapasitas.

“Tadi juga sudah dibicarakan dengan Gubernur dan Bupati/Wali Kota se-Provinsi Gorontalo, rumah sakit sudah mulai over kapasitas,” Kata dr Trianto Bialango, Kamis.

Bagi PDP atau OTG yang tidak bergejala diharapkan bisa diisolasi di Rumah Sakit yang ada di daerah masing-masing Kabupaten/Kota.

Ini bisa akan mengurangi over kapasitas di RS Aloe Saboe.

Namun jika bergejala dan memberatkan itu baru dirujuk di RS Aloe Saboe.

Sebelumnya, Juru bicara gugus tugas penanganan COVID-19 Provinsi Gorontalo, dr. Trianto Bialangi mengumumkan, positif COVID-19 di Gorontalo ketambahan 5 orang.

“Siang tadi kami menerima sample Swab Test yang dikiirm ke litbangkes Makassar, dengan hasil ada yang positif covid untuk Gorontalo,” kata dr, Trianto Bialangi.

Adapun yang positif yaitu, pertama pasien 08, dengan rincian, jenis kelamin laki-laku umur 57 tahun, alamat di Kecamatan Wonosari Desa Jatimulya, Kabupaten Boalemo.

“Tanggal konfirmasi per hari ini tanggal 23 April 2020,” jelansya.

Adapun riwayatnya pasien 08 adalah klaster Gowa, kami lakukan rapid pertama tanggal 10 april 2020, hasilnya negatif, sesuai protokol dilakukan Rapid Test tanggal 16 April, hasil ke dua dinyatakan Positif.

Sehingga sesuai protokol harus dilakukan swab test, dan dilakukan swab 16 April yaitu PCR, dan diperoleh laporan bahwa hasilnya positif.

Kondisi saat ini, tidak ada keluhan, suhu 36,3 derajat, keadaan umum baik, untuk saat ini, sudah terkonfirmasi dengan RS Aloe Saboe sementara disiapkan ke RS Aloe Saboe.

Berikutnya, Pasien 09, ini laki-laki, 34 tahun, asal Kecamatan Telaga Biru Kabupaten Gorontalo, Petandio Barat

Tanggal Konfirmas bersamaan dengan Pasien 08, Riwayatnya sama-sama Kluster Gowa, rapid test juga bersamaan denga pasien 08.

Berikutnya Pasien 10, Perempuan 50 Tahun, kelurahan Tumbihe, Kecamatan Kabila Kabupaten Bone Bolango.

“Kami dapat konfirmasi tadi pagi bersamaan dengan pasien 08 dan 09, riwayat pasien `10 adalah adik dari pasien 01 yang tinggal serumah,” jelasnya.D

Dengan rincian riwayat, rapid pertama 8 April Negatif, rapid test ke dua 16 April Hasilnya positif, sehingga dilakukan swab dan hari ini PCRnya positif.

Pasien 11, inisial FD perempuan 15 tahun, Desa Tumbihe Kecamatan Kabila Kabupaten Bone Bolango.

“Hasilnya juga kami terima tadi, riwayatnya pasien 11 adalah anak ke-3 dari pasien 01,” Ungkapnya.

Pasien 12, Perempuan 20 tahun, Desa Tumbihe Kecamatan Kabila, Kabupaten Bone Bolango.

“Riwayatnya pasien 12 adalah anak kedua dari Pasien 01, riwayat test sama persis dengan pasien 11,” Jelasnya.

Total Pasien Positif COVID-19 yang ditangani RS Aloe Saboe berjumlah 12 orang. (RL/Read)

Baca berita kami lainnya di

banner 468x60