Ryan Kono Dorong Peningkatan Kapasitas SDM bagi Pelaku UMKM

Ryan Kono UMKM

READ.ID–  Wakil Wali Kota Ryan Kono mendukung pelaksanaan pendidikan dan latihan untuk peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia, bagi pelaku UMKM di Kota Gorontalo.

Bagi Ryan Kono dimasa pandemi Covid-19 seperti saat ini, pemerintah Kota Gorontalo mengambil langkah dalam pemulihan ekonomi, terutama pengembangan kapasitas dan kompotensi UMKM berbasis Online.

Hal ini dikatakan Wakil Wali Kota Ryan Kono, saat membuka kegiatan diklat peningkatan kapasitas SDM Pelaku UMKM di Kota Gorontalo, Kamis (24/6/2021).

Ryan mengatakan, selain fasilitas akses modal yang dinilai penting, juga ada digitalisasi melalui perbankan, LPDB, pemasaran berbasis digital yang bekerjasama dengan marketplace, seperti Tokopedia, dan Amarta. Selain itu, kata Ryan, permasalahan utama UMKM saat ini adalah dari sisi permodalan, manajeman, pemasaran, serta sumber daya manusia.

“Olehnya, melalui penguatan kapasitas UMKM melalui digitalisasi, diharapkan dapat tumbuh dan berkembang, berjalan beriringan, dan tidak termarginalkan,” ungkap Ryan.

Menurutnya, ada beberapa program dan kebijakan yang telah dan akan diambil oleh pemerintah Kota Gorontalo, dalam memajukan UMKM. Yaitu, memberikan fasilitas sumber daya manusia pada diklat UMKM, pemasaran digital online, memberikan fasilitas permodalan bank melalui kredit usaha rakyat (KUR), dan membantu memfasilitasi kerjasama dengan usaha lain.

Terakhir, Ryan berpesan, agar mari bersama-sama menciptakan keadaan yang aman, tertib, dan teratur, sehingga dapat mencipatakan iklim usaha yang kondusif dalam menunjang peningkatan perekonomian.

“Juga butuh keseriusan dan keberpihakan yang nyata, tegas, dan luas dari semua pihak,” pesannya.

(Rinto/Read)