Sebanyak 1.000 Personel Brimob Nusantara Siap Dikirim ke Papua

Brimob Nusantara

READ.ID – Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia (Mabes Polri) menyiagakan sebanyak 1.000 personel Brimob Nusantara untuk dikirim ke Papua apabila terjadi peningkatan gangguan keamanan.

“Kapolri sudah menyatakan akan menyiagakan 1.000 personel Brimob Nusantara yang dapat sewaktu-waktu diterbangkan ke Papua,” ungkap Kapolda Papua Irjen. Pol. Mathius D. Fakhiri, S.I.K., dikutip dari antaranews.com, Rabu (11/1/23).

Dikethui saat ini ada dua kompi Brimob Nusantara dikerahkan untuk memperkuat pengamanan di wilayah hukum Polda Papua. 1.000 personel Brimob Nusantara yang disiagakan oleh Mabes Polri itu di luar personel Satuan Tugas Damai Cartenz.

Lebih lanjut, Irjen. Pol. Mathius D. Fakhiri, menambahkan dari laporan yang diterimanya, terungkap mereka yang tergabung dalam kelompok bersenjata adalah pemuda tanggung yang seringkali melakukan aksi kriminal yang kemudian dimanfaatkan oleh kelompok tersebut.

“Apabila pemda dengan semua tokoh turun tangan merangkul mereka diharapkan mengurangi gangguan keamanan. Dan Anggota Satgas Damai Cartenz sudah dikirim ke Oksibil dan berharap situasi kamtibmas di wilayah itu dapat segera kondusif ” jelas Kapolda Papua.

Diketahui situasi kamtibmas di Papua, Kapolda mengatakan, relatif kondusif, walaupun ada daerah yang terjadi peningkatan gangguan keamanan, seperti Kabupaten Pegunungan Bintang.

Baca berita kami lainnya di

banner 468x60