Sejumlah wilayah Blank Spot di Kabupaten Gorontalo Dipasangi Internet

Internet Kabupaten Gorontalo

READ.ID – Guna memperlancar dan mempermudah masyarakat untuk mengakses internet di desa, sejumlah wilayah Blank Spot di Kabupaten Gorontalo mulai dipasangi akses internet VSAT.

Hal ini terungkap saat Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Gorontalo, Haris Suparto Tome beserta jajarannya turun mengecek lokasi terpasangnya VSAT di beberapa Desa yang tersebar di Kabupaten Gorontalo, (13/11/2021).

“Bantuan ini merupakan hibah dari Kementerian Kominfo pusat yakni berbentuk VSAT penerima sinyal dari satelit untuk di beberapa desa,” ungkapnya usai melakukan kunjungan.

Haris Suparto Tome menjelaskan beberapa Desa yang sudah dikunjunginya untuk melihat langsung terpasangnya alat tersebut ialah Desa Daenaa Kecamatan Limboto Barat, Desa Ambara, Kecamatan Dungalio, dan Desa Polohungo, Kecamatan Tolangohula, Kabupaten Gorontalo.

“Ada 7 Desa yang terpasang akses internet VSAT,” ujar Haris Suparto Tome.

Haris Suparto Tome menuturkan, fasilitas internet tersebut sepenuhnya sudah menjadi aset desa dan diperuntukkan untuk keperluan aparat desa Serta masyarakat sekitar yang membutuhkan.

“Setiap desa diharapkan dapat merawat, menjaga dan memelihara dengan baik karena ini sangat mahal,” katanya.

“Kapasitas kecepatannya saat ini baru 4Mbps dan tentunya gratis,” imbuhnya.

Terakhir dirinya menyampaikan, pihaknya pada tahun depan akan mengusahakan kembali pemasangan VSAT di beberapa wilayah di Kabupaten Gorontalo yang tak memiliki jaringan internet.

Sementara itu Kepala Desa Polohungo, Ikbal Maku mengatakan pihaknya sangat terbantukan dengan adanya layanan tersebut.

“Hal ini sudah lama kami nantikan, dan tentunya berguna bagi masyarakat sekitar, ucapan terima kasih tak terhingga kami ucapakan kepada Kominfo, kedepannya kami akan melakukan pengembangan terhadap akses internet tersebut aagar dapat diakses masyarakat lebih baik dari sebelumnya,” tandasnya.