Sekda Gorut Minta OPD Kooperatif Dalam Audit BPK RI

READ.ID – Sekretaris Daerah (Sekda) Gorontalo Utara (Gorut), Suleman Lakoro meminta seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk kooperatif mendukung jalannya pemeriksaan terhadap pengelolaan keuangan di daerah itu.

Hal ini sebagaimana menindaklanjuti laporan dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Gorontalo yang mulai melakukan pemeriksaan interim atau audit pendahuluan laporan Keuangan Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara tahun anggaran 2021.

“Kami sudah layangkan surat ke setiap pimpinan OPD untuk melengkapi data-data yang nantinya diminta,” ujar Suleman.

Suleman mengatakan, sesuai jadwal dari pihak BPK RI akan melakukan audit pendahuluan selama 30 hari, sebelum kemudian dilanjutkan dengan audit rinci.

“Jadi semua pertanggung jawaban keuangan daerah, itu akan di periksa dan pada akhirnya itu akan menghasilkan opini, apakah opini WTP, tergantung dari pemeriksaan dan dokumen yang kita lengkapi,” jelasnya.

Lanjut Suleman berharap, agar selama proses audit atau pemeriksaan, pihak Inspektorat, sesuai permintaan pihak BPK dapat melakukan pendampingan. Terlebih untuk para OPD diharapkan dapat menyiapkan personel yang andal untuk kesuksesan pemeriksaan itu.

“Jika ada kesulitan, kami mengharapkan untuk melakukan diskusi bersama-sama,” tukasnya.

Baca berita kami lainnya di

banner 728x90