Sekda Hadijah Apresiasi Kinerja Komunitas Peduli Sungai di Gorontalo

Peduli Sungai

READ.ID – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gorontalo, Hadijah U Tayeb mengapresiasi kinerja yang dilakukan sejumlah komunitas peduli sungai di Gorontalo.

Apresiasi itu disampaikan Hadijah saat membuka  kegiatan rapat tahunan Komunitas peduli sungai formula 45 laskar Lahilote Gorontalo, Jumat (22/1/2021).

Rapat tahunan ini dilaksanakan di Pentadio Resort, dan dihadiri para pengurus komunitas peduli sungai dari Kabupaten/Kota Se Provinsi Gorontalo.

Dalam sambutannya, Sekda memberikan apresiasi atas kinerja komunitas peduli sungai, karena telah menciptakan gerakan-gerakan yang mampu membangun masyarakat juga daerah.

“Formula 45 ini hasil kerja yang lalu sudah terlihat kinerjanya, menginisiasi bekerja sama dengan Pemda pembersihan sungai Limboto. Alhamdulillah aliran sungai itu tidak ada lagi yang buang sampah di sungai dan sungainya sudah bersih,” ujarnya

Dirinya berharap gerakan serupa kembali dilakukan, sehingga bisa memotivasi masyarakat untuk peduli akan kebersihan sungai di Kabupaten Gorontalo.

Sementara itu Ketua Forum Peduli sungai, Sirahijun Hutaba, menjelaskan komunitas ini telah terbentuk sejak 2016 lalu.

“Sampai saat ini sudah terbentuk 22 komunitas peduli sungai di Gorontalo, tapi yang paling banyak itu di Kabupaten Gorontalo. Karena memang lebih banyak, sehingga kita menjadikan Kabupaten Gorontalo sebagai pilot proyek untuk daerah lain,” ungkap Sirahijun.

Kegiatan ini digelar berkat kerja sama Komunitas peduli sungai Formula 45 dengan Balai Sungai Wilayah II juga dengan pemerintah daerah dan PDAM Kabupaten Gorontalo.

(Adv/RL/Read)