Sekda Ismail Majid Minta Layanan Publik di Kota Gorontalo Harus Optimal

layanan publik Gorontalo

READ.ID – Dari hasil survei tingkat kepuasan terhadap layanan publik di Kota Gorontalo menunjukkan masih dalam tataran baik. Olehnya, upaya peningkatan kualitas layanan disetiap unit pelayanan publik harus dievaluasi secara berkala melalui survei kepuasan masyarakat (SKM), serta harus dioptimalkan.

Hal ini disampaikan, Sekretaris Daerah Kota Gorontalo Ismail Majid pada kegiatan desiminasi kebijakan pelayanan publik dan bimbingan teknis (bimtek) penyusunan indeks kepuasan masyarakat menjadi bagian dari peningkatan layanan publik, Kamis (10/06/2021).

Ismail mengungkapkan, pelayanan publik pada dasarnya merupakan wujud dalam memberikan layanan dan atau melayani individu maupun kelompok yang prinsipnya diatur berdasarkan sistem dan ketentuan yang berlaku.

“Harapannya, survei kepuasan masyarakat¬† terhadap pelayanan publik dapat menjadi feedback secara berkala, bagi pemerintah atas kinerja dan kualitas publik di Kota Gorontalo,” ungkap Ismail.

Penilaian ini juga, kata Ismail, menjadi bagian dari indikator penilaian reformasi birokrasi yang setiap tahun dilakukan oleh Kementerian Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Ismail juga mengingatkan bahwa fungsi utama pemerintah adalah melayani masyarakat.

“Untuk itu, pemerintah wajib berupaya meningkatkan kualitas pelayanan,” tegasnya.

Selain itu, dirinya juga berharap agar survei kepuasan masyarakat yang baik dapat dipertahankan, dan yang belum baik harus ditingkatkan.

Khususnya dengan memperhatikan syarat-syarat pelayanan, sarana dan prasarana penunjang serta SDM yang kompeten dalam memberikan pelayanan.

Terakhir, Ismail menghimbau kiranya para peserta dapat mengikuti bimtek ini dengan sungguh-sungguh, baik dalam segi pemahaman aturan maupun implementasi penyusunan SKM.

(Rinto/Read)