Selamatkan Terumbu Karang, Pemkab Gorut Gandeng Pengelola Wisata Saronde

READ.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo Utara, menggandeng pengelola wisata pulau saronde Blue Bay Divers (BBD) berkolaborasi melakukan penyelamatan terumbu karang di perairan tersebut.

Kolaborasi itu ditandai dengan aksi penyelaman dipimpin Bupati Gorontalo Utara Thariq Modanggu untuk meninjau langsung kondisi terumbu karang di kawasan pantai pulau Saronde dan Bogisa.

“Hari ini kita mulai kolaborasi antara pemerintah dengan BBD untuk melakukan penyelematan terumbu karang oleh salah satu jenis bintang laut berduri,” ujar Thariq.

Thariq mengatakan jenis bintang laut berduri atau dikenal dengan ‘Crown of Thorn’ merupakan makluk yang sangat ganas menggerogoti pertumbuhan terumbu karang.

“Nah hari ini kita turun menyelam untuk membersihkan terumbu karang yang ada dari keberadaan Bintang laut berduri agar tetap terjaga dan terawat dengan baik,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Gorontalo Utara Robin Daud menuturkan menjaga kelestarian terumbu karang berarti mendukung kesejahteraan masyarakat pesisir, khususnya nelayan.

“Terumbu karang ini fungsinya adalah menjadi rumah dari pada ikan sementara kalau dia di rusak bisa menimbulkan efek tidak bagus bagi pertumbuhan biota laut secara keseluruhan,” kata Robin

Menurutnya, menjaga kelestarian terumbu karang berarti juga mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat. Sebab terumbu karang bermanfaat untuk sektor pariwisata serta dapat di budidaya.

“Karena ketika ini tidak dikelola baik dan benar maka tentunya akan berefek tidak bagus bagi perekonomian masyarakat juga pemerintah daerah secara keseluruhan,” tukasnya.

Baca berita kami lainnya di

banner 468x60