Sering Luput dari Perhatian, Gejala Kanker Otak Ini Harus Anda Waspadai

READ.ID – Kanker otak terjadi ketika sel-sel di otak tumbuh cepat, agresif, dan tidak normal. Kanker otak bisa terjadi pada siapa saja, dari mulai anak-anak hingga orang di usia paruh baya. Saat seseorang mengalami kondisi ini biasanya tubuh akan menunjukkan berbagai gejala yang tidak biasa Anda rasakan sebelumnya. Untuk mengetahui gejala kanker otak, berikut ulasannya.

Gejala kanker otak yang perlu diwaspadai

Gejala kanker otak biasanya tergantung pada jenis tumor, ukuran, lokasi, usia, riwayat kesehatan, dan berbagai faktor lainnya. Misalnya, jika kanker otak terjadi di dekat saraf mata maka bisa menyebabkan masalah penglihatan.

Kemudian, jika mengenai bagian depan otak maka bisa memengaruhi kemampuan konsentrasi dan berpikir Anda.  Apalagi jika benjolan tumor membesar maka gejala yang ditimbulkan biasanya akan semakin banyak karena tekanan yang diberikan juga semakin besar.

Berikut berbagai gejala kanker otak yang perlu diwaspadai, yaitu:

  • Sakit kepala, biasanya ditandai dengan rasa sakit yang terus menerus dan bertambah parah terutama di pagi hari.
  • Hilangnya keterampilan motorik, misalnya keseimbangan, koordinasi, hingga lemah otot wajah.
  • Mual dan muntah, biasanya muncul di pagi hari dan cukup sering terjadi.
  • Masalah penglihatan, tumor yang terletak di dekat saraf optik membuat penglihatan kabur, ganda, dan pergerakan mata yang abnormal.
  • Kejang, terjadi akibat otot yang tanpa sadar mengalami kontraksi secara tiba-tiba.
  • Masalah kognitif, seperti memori yang hilang, sulit konsentrasi, kebingungan, sulit memproses informasi, dan mengalami kesulitan untuk menemukan kata dan bahasa yang tepat.
  • Lemah atau mati rasa, biasanya terjadi pada bagian tubuh tertentu atau pada salah satu sisi tubuh saja.
  • Perubahan kepribadian, bisa terjadi bertahap dari segi perilaku, kepribadian, dan pemikiran.
  • Sulit menelan, biasanya terjadi sebagai gejala tumor di batang otak.

Berbagai gejala ini biasanya muncul secara perlahan dan dalam jangka waktu yang cukup lama. Namun, jika diabaikan tentu saja hal ini bisa menimbulkan keparahan yang semakin sulit untuk diobati. Oleh sebab itu, sebaiknya segera periksakan ke dokter saat Anda mengalami berbagai gejala tak biasa tersebut.

Sumber : https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/kenali-gejala-kanker-otak/

Berita terkait lainnya