Sistem Global Budget akan di Uji Coba di Kabupaten Gorontalo

Global Budget Gorontalo

READ.ID – Sistem Global Budget akan di uji cobakan di tiga rumah sakit yang ada di Kabupaten Gorontalo.

Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo mengatakan dengan adanya sistem pembayaran global budget, maka pelayanan kesehatan terhadap masyarakat akan lebih baik.

Penerapan sistem pembayaran global budget ini diberikan oleh BPJS Kesehatan Cabang Gorontalo, akan di ujicobakan di tiga rumah sakit, yaitu RS MM Dunda Limboto, RS Ainun Habibie, dan RS Boliyohuto.

“Karena di Kabupaten Gorontalo jumlah penduduknya terbesar, seh insya Allah akan berkembang diseluruh wilayah Provinsi Gorontalo,” Ungkap Nelson Pomalingo, Jumat,(8/10/2021).

Tidak hanya itu, Nelson Pomalingo menambahkan dari sisi fasilitas juga Kabupaten Gorontalo memiliki 22 puskesmas yang ada di 19 kecamatan. Olehnya dirinya berharap pelayanan kesehatan akan lebih baik.

“Saya juga berharap uji coba dari sistem penerapan global budget ini akan dilanjutkan, dan hasilnya akan kita evaluasi untuk perbaikan kedepan,” Ujarnya

Sementara itu, Direktur Perencanaan BPJS kesehatan, Mahli Ruby mengatakan manfaat dari global budget ini adalah, dimana rumah sakit mendapatkan biaya yang sudah pasti.

“Artinya kita sudah berikan dana tinggal bagaimana RS bisa mengendalikan biaya tersebut, sesuai dengan kebutuhan dari pada pasien,” tutur Mahli Ruby.