Sistem pertanian terpadu untuk tingkatkan produktivitas kelapa

READ.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo menggagas sistem pertanian terpadu atau program Integrated Farming System untuk meningkatkan produktivitas kelapa.

Kepala Dinas Pertanian kabupaten Gorontalo, Rahmat Pomalingo menjelaskan, sistem pertanian terpadu merupakan penggabungan semua komponen pertanian seperti  tanaman kelapa dalam suatu sistem usaha pertanian.

“Sistim ini sebagai salah satu sasaran dalam prioritas pembangunan nafas cita kabupaten Gorontalo,” ungkapnya.

Keunggulan Sistem Pertanian Terpadu tambah Rahmat, sebagai Optimalisasi pemanfaatan sumberdaya lokal, meminimalkan kerusakan lingkungan atau ramah lingkungan, diversifikasi usaha, pencapaian tingkat produksi yang stabil dan memadai dalam jangka panjang serta menciptakan kemandirian.

Sistem ini merupakan sebuah rancangan proyek untuk meningkatkan kinerja Dinas Pertanian Kabupaten Gorontal, serta mendorong peningkatan produksi dan produktivitas komoditi kelapa.

“Kami akan mengupayakan terus  berkoordinasi dengan masyarakat pekebun, pelaku pembibitan (penangkar) dan stake holder yang terkait,” tambahnya.

Sementara Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo menginstruksikan kepada penggagas sistem tersebut, agar terus didorong yang bukan sekedar kepentingan pemerintah tapi sebagai kebutuhan petani kelapa.

“Ini harus terus didorong dan jangan memikirkan kepentingan pemerintah tapi juga pemberdayaan masyarakat. Sehingga masyarakat petani kita bisa merasakan sejahtera,” tegas Nelson. (Adv/Wahyono/Read)