Sukseskan Pemilu Di Kota Gorontalo, Pemkot Anggarkan Dana Untuk Pilkada

Pemilu

READ.ID – Menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) yang akan dilaksanakan pada tahun 2024 mendatang, sejumlah persiapan pun mulai dilakukan oleh pemerintah daerah untuk mensukseskan pesta demokrasi rakyat tersebut.

Seperti halnya daerah lain, Pemerintah Kota Gorontalo turut mendukung pelaksanaan Pilkada yang akan dilaksanakan secara serentak di tahun 2024. Termasuk berupa dukungan anggaran.

Hal ini pun dijelaskan Wakil Wali Kota Gorontalo Ryan Kono, pada rapat Forkopimda Diperluas Provinsi Gorontalo dalam rangka Sukses Pemilu Legislatif (Pileg), Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak, Senin (7/11/2022).

Dalam pemaparannya, Ryan Kono menerangkan terkait anggaran yang akan digunakan dalam mensukseskan pemilu di Kota Gorontalo.

Dikatakan Ryan Kono, Pemerintah Kota Gorontalo berdasarkan usulan Rencana Belanja Anggaran (RAB) Komisi Pemilhan Umum (KPU) Kota Gorontalo, yakni sebesar 37 Miliar, kemudian dikoreksi berdasarkan hasil rapat TAPD, yakni sebesar 32 Miliar lebih.

Ryan Kono menjelaskan, sesuai usulan RAB KPU Kota Gorontalo pada 4 Maret kemarin yakni sebesar 37 Miliar lebih, dan dikoreksi pada rapat TAPD Oktober lalu menjadi Rp.32.187.600.000.

“Tidak hanya itu, Pemerintah Kota Gorontalo pun telah memberikan alokasi dana hibah, untuk bagian pemerintahan sekretariat daerah KPU Kota Gorontalo dengan dana yang cukup besar yakni Rp265 Juta di tahun 2022 ini”, ungkap Ryan Kono.

Pihaknya menambahkan, untuk tahapan persiapan, Pemkot Gorontalo pun telah mengucurkan dana sebesar 3 Milyar pada tahun 2023 nanti, untuk Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol).

“Sementara itu, untuk usulan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) sendiri sebesar 18 Milyar lebih, yang dari usulan tersebut terakomodir pada tahun anggaran tahun 2023 di Kesbangpol sebesar Rp1.5 Milyar”, pungkasnya.

Baca berita kami lainnya di

banner 468x60