Tarian Mokarawo di Festival Saronde Pukau Wisatawan

Tarian Mokarawo 1

READ.ID – Tarian tradisional Mokarawo dalam pelaksanaan iven Festival Pesona Saronde (FPS) tahun 2021, memukau para tamu undangan.

Kegiatan salah satu dari 100 event pariwisata unggulan pemerintah pusat ini resmi dibuka Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin, Sabtu (18/9/2021).

Dari pantauan di lokasi, sejak awal festival dimulai, para peserta tamu dan undangan begitu antusias menyaksikan pertunjukan berbagai tarian tradisional Gorontalo tersebut.

Mereka rela menyebrang lautan dengan menggunakan perahu ditengah terik matahari, hanya untuk menyaksikan rangkaian kegiatan festival pesona saronde yang digelar secara sederhana.

Tarian Mokarawo

“Saya senang karena tahun ini masih bisa ikut merasakan kegiatan festival pesona saronde yang setiap tahunnya di laksanakan oleh pemerintah setempat,” kata Wawan (26) warga Molingkapoto, yang sekedar ingin menghabiskan waktu liburannya di Pulau Saronde.

Menurut Wawan, meskipun kegiatan festival saronde tahun ini dilaksanakan ditengah kondisi pandemi Covid-19. Kata Wawan, dirinya mengaku bersyukur masih bisa menikmati rangkaian kegiatan berupa tarian daerah yang memang saat ini sudah jarang terlihat.

“Karena memang setau saya, tarian-tarian daerah itu nanti ketika ada acara-acara besar atau dalam menyambut tamu penting di daerah baru itu saya bisa menyaksikannya,” ujar Wawan.

Seperti diketahui, dalam rangkaian pelaksanaan festival saronde 2021, dari panitia menyuguhkan berbagai acara disamping tarian-tarian tradisional, perlombaan cipta menu khas daerah turut ditampilkan. (Rully)