Temui Gubernur Anies, Bupati Nelson Siap Suplai Ternak Sapi ke Jakarta

Gubernur Anies Bupati Nelson

READ.ID – Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo mengaku siap menyuplai ribuan ternak sapi ke Jakarta. Hal itu disampaikannya usai menemui Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan di Jakarta pada Kamis (17/6/2021).

Bupati Nelson menjelaskan, dalam pertemuannya dengan Gubernur Anies membahas kerja sama dalam sektor peternakan terutama pakan ternak sapi.

Ia menuturkan, pemerintah DKI Jakarta membutuhkan 700 ekor ternak sapi per hari. Olehnya, pemerintah Kabupaten Gorontalo siap menyuplai ternak sapi kurang lebih 1000 hingga 2000 ekor sapi perbulan ke Jakarta.

“Provinsi Gorontalo, ada kurang lebih 200 ribu ekor sapi, khususnya di Kabupaten Gorontalo ada sekitar 115 ribu ternak sapi. Untuk penggemukan ternak sapi, pemerintah kabupaten melakukan kerja sama dengan Bank Sulutgo,” ungkapnya

Melihat potensi yang ada, kata Nelson, kabupaten Gorontalo siap menyuplai ternak maupun daging sapi ke Jakarta.

“Dengan demikian, Provinsi Gorontalo akan menjadi lumbung ternak, dan pastinya ini berimbas pada peningkatan kesejahteraan masyarakat naik, kemiskinan turun,” harapnya.

Selain itu, kerja sama juga dilakukan dalam pengembangan pakan ternak sapi. Nelson menjelaskan, Salah satu yang bisa dijadikan pakan ternak sapi adalah pakan berbahan jagung. Dalam pengolahan pakan ternak, Kabupaten Gorontalo memiliki PT Popan.

“Melalui sektor peternakan ini, akan menjadi pintu gerbang kerjasama kita dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Ini tentunya untuk memulihkan perekonomian akibat pandemi Covid-19. Untuk teknisnya selanjutnya akan dibahas bersama Dinas Peternakan BUMD, Dinas Pangan serta BUMD DKI Jakarta,” pungkasnya.

(WM/Read/Kominfo)

Baca berita kami lainnya di

banner 468x60