Tercatat 95 Kasus HIV/AIDS di Pohuwato, KPA Sebut Tersebar di 13 Kecamatan

Pohuwato HIV/AIDS

READ.ID – Berdasarkan data dari Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Pohuwato, tercatat ada 95 orang penderita positif HIV/AIDS hingga bulan Juni 2021. Kasus tersebut disebut KPA tersebar di 13 Kecamatan di kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo.

“Untuk pertengahan tahun ini sudah bertambah 16 orang positif HIV Aids di wilayah Pohuwato, dimana dari jumlah 79 orang positif sebelumnya. kasus ini menyebar di 13 kecamatan,” ungkap Sekretaris KPA Pohuwato, Julik Hamzah, dalam kegiatan sosialisasi pencegahan HIV/AIDS Selasa (15/06/2021).

Adanya peningkatan kasus ini, pihak KPA melakukan sosialisasi pencegahan HIV/AIDS kepada masyarakat dengan sasaran Lesbi, Gay, Biseksual, Transgender (LGBT), Lelaki suka Lelaki (LSL), Wanita Pekerja Seksual (WPS) serta Ibu rumah tangga.

HIV/AIDS Pohuwato
Suasana KPA Pohuwato menggelar sosialisasi pencegahan Covid-19. (Foto JK/Read)

Julik menjelaskan, sosialisasi tersebut juga disampaikan pada ibu rumah tangga yang rentan dengan penularan akibat dari terjangkitnya suami atau seseorang yang dekat dengannya, karena salah satu penularan yang cepat melalui jarum suntik bekas apabila telah dipakai orang yang mengidap virus HIV/Aids.

“Kami berharap sosialisasi yang diselenggarakan ini dapat memberi pemahaman kepada masyarakat untuk bagimana menghindari seks bebas terutama bagi sesama jenis,” tandasnya.

(JK)

Baca berita kami lainnya di

banner 728x90