Thariq Minta Tradisi Ritual Mandi Safar Terus Dijaga

READ.ID – Bupati Gorontalo Utara, Thariq Modanggu berharap pelaksanaan festival ritual mandi safar di pantai Minanga, Kecamatan Atinggola terus dibudayakan dan di lestarikan.

Menurut Thariq ritual mandi safar ini merupakan kegiatan rutinitas setiap tahun yang memiliki makna arti yang luas misalnya menghapus semua sial dan membersihkan diri dari segala dosa.

“Kita patut bersyukur karena kita masih bisa menjaga dan memelihara tradisi ini,” ujar Thariq.

Untuk itu, Thariq menginginkan dengan adanya beberapa rangkaian kegiatan dalam pelaksanaan ritual mandi safar ini tidak hanya dihadiri masyarakat di Kecamatan Atinggola saja melainkan seluruh kecamatan.

“Jadi yang hadir bukan hanya masyarakat Atinggola saja. Tetapi semua kecamatan. Bahkan kalau perlu kita undang daerah-daerah lain biar lebih meriah lagi,” terangnya.

Thariq berharap, pelaksanaan festival ritual mandi safar di pantai Minanga akan jadi satu kekuatan pariwisata dalam meningkatkan sumber ekonomi di Gorontalo Utara.

“Makanya saya minta ke camat untuk pengelolaan wisata di pantai Minanga harus dibuatkan jadwal pementasan budaya khususnya dalam ritual Mandi Safar,” kata Thariq.

“Saya berharap ini kita kembangkan karena kita memiliki potensi ekonomi dengan pintu gerbang yang ada di Atinggola ini,” tandasnya.

“Sekali lagi saya mengucapkan terimakasih atas dukungan semua pihak dalam mensukseskan kegiatan mandi safar ini ,” Sambung Thariq

Baca berita kami lainnya di

banner 468x60