Thariq Modanggu: Pertemuan BKSU Kali ini Berbeda dengan Sebelumnya

Thariq Modanggu

READ.ID – Wakil Bupati (Wabup) Gorontalo Utara (Gorut), Thariq Modanggu mengungkapkan bahwa pertemuan Badan Kerja Sama Utara-utara (BKSU) yang digelar di Pulau Saronde, Kecamatan Ponelo Kepulauan, Sabtu (18/9) sangat berbeda dengan pertemuan sebelumnya.

Menurut Wabup Gorontalo Utara pertemuan sebelumnya layaknya parade, dimana kepala dinas menjelaskan programnya masing-masing.

Namun kali ini berbeda, bagaimana pemerintah daerah menyediakan draf dengan cara menghubungi wakil bupati untuk meminta data pariwisata.

“Saya menghubungi Wakil Bupati Bone Bolango, Buol untuk memintakan data pariwisata. Setelah itu kita olah maka dari situ ada dua produk yang kami hasilkan tadi. Pertama video pariwisata keempat daerah, kedua adalah draf BKSU Integrated Toursm (BIT),” Kata Thariq Modanggu.

Ia menambahkan keempat daerah yang tergabung dalam BKSU ini memiliki event unggulan yang berbeda. Seperti misalnya Gorontalo Utara ada festival saronde, Buol destinasi unggulan dan Bone Bolango pun demikian.

“Itu diserahkan kepada masing-masing daerah untuk menetapkan,” ujarnya.

Namun dalam pertemua itu, BKSU membuat suatu konsep yang terintegrasi bahwa ketika ada festival di masing-masing daerah yang tergabung di dalam BKSU, maka harus dihadiri oleh empat daerah tadi.

“Artinya dalam hal ini bagaimana empat Kabupaten ini, saling mendukung dan mensupport memberikan promosi,” ungkap Thariq Modanggu.

Pertemuan BKSU masih dalam rangkaian Festival Pesona Saronde tahun 2021 di Gorontalo Utara. (Rully)