Thomas Mopili Sarankan Dinas Perkim Provinsi Gorontalo Tidak di Gabung

Thomas Mopili

READ.ID – Ketua Komisi III DPRD Provinsi Gorontalo Thomas Mopili berharap agar Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman tidak dilakukan peleburan atau digabung bersama Dinas PUPR.

pahlawan

Alasannya, kata Thomas Mopili, keberadaan Dinas Perkim mempunyai peran penting, dalam urusan pengentasan kawasan kumuh dan perumahan rakyat.

“Memang Dinas Perkim saat ini, kinerjanya masih belum maksimal. Namun, hal itu bisa diatasi dengan dorongan anggaran dan sumber daya manusianya”, ungkap Thomas Mopili.

Pihaknya pun menyesalkan, tidak sempat mengikutinya dalam pembahasan Ranperda mengenai peleburan OPD, khususnya Dinas Perkim.

Ketua Komisi III DPRD Provinsi Gorontalo mencontohkan, tugas dan fungsi Dinas Perkim di daerah lain seperti di Jawa Tengah, di Sulawesi Utara, ternyata memiliki fungsi yang sangat strategis.

“Olehnya, sangat disayangkan jika mau digabung atau mau dikembalikan lagi ke Dinas PUPR”, jelas politisi Golkar ini.

Untuk menindaklanjuti hal ini, Thomas Mopili menegaskan, dalam waktu dekat ini, pihaknya akan mendiskusikan masalah tersebut dengan Gubernur Gorontalo.

“Ini bukan perihal, soal tolak atau menerima, namun kami akan menyuguhkan betapa strategisnya OPD Perkim ini, sehingga butuh pertimbangan dan butuh kajian”, tuturnya.

(Rinto/Read)