TanggalApril 10, 2021

Timnas Sea Games Mendadak Batal Ujicoba, Beni Erwin: Siapa Yang Mau Bertanggungjawab ?

READ.ID – Batalnya laga uji coba Tim Nasional (Timnas) U 23 Indonesia melawan PS Tira Persikabo di Stadion Madya Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, Rabu (3/3/2021), menimbulkan kekecewaan publik sepakbola Indonesia.

Penggiat sepakbola Ibukota Beni Erwin mengaku sangat kecewa batalnya laga uji coba Timnas U 23 Indonesia yang diasuh pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae-yong. ” Mau dibawa kemana sepakbola kita padahal sepakbola ditargetkan medali emas Sea Games, dan untuk U20 ditargerkan lolos grup di Piala Dunia nanti, sementara pertandingan sekelas persahabatan lokal saja tidak bisa terselenggara,” ujarnya.

Sosok yang akrab disapa BE ini justru mempertanyakan pembatalan tersebut. ” Jadi ini salah siapa dan yang mau bertanggung jawab,” katanya.

” Kegagalan hari ini adalah cambuk buat sepakbola kita dan harus ada perubahan di kepengurusan pssi kedepannya,” ungkap Beni yang juga pemilik klub Trisakti FC.

Sementara itu batalnya laga uji coba karena tidak ada izin Polri itu diungkapkan Kapolsek Tanah Abang, Kompol Singgih Hermawan. Menurut Singgih, pengajuan izin yang dilakukan PSSI terlalu mepet. “Ya, laga uji coba Timnas U-22 lawan Tira-Persikabo tidak bisa digelar karena belum mengantongi surat izin dari Mabes Polri,” ujarnya.

“Kami tanya ke panitia, intinya mereka sudah bersurat. Tapi, memang baru hari ini, sehingga belum keluar izinnya. Terlalu mepet waktunya. Dari keterangan panitia, izin baru diajukan hari ini,” tambahnya.

Pembatalan laga uji coba tersebut juga diakui Media Officer Tira Persikabo, Nandang Permana. ”Kami sampai di lapangan habis Magrib. Bus [kami] disuruh parkir. Di saat yang sama datang juga bus Timnas U-23 dan disuruh parkir. Kami nunggu 30 menit, datang panpel dari PSSI ngabarin pertandingan enggak bisa digelar. Soal apa penyebabnya kami kurang paham,” kata Nandang Permana.

Timnas U-23 yang ditangani pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae-yong dijadwalkan akan menghadapi dua uji coba pekan ini, Yakni, menghadapi Tira-Persikabo pada Rabu (3/3/2021) dan Bali United (5/3/2021). Laga uji coba ini merupakan bagian dari persiapan skuad Garuda Muda jelang SEA Games Hanoi, Vietnam 2021.