TPID Provinsi Gorontalo Gelar Operasi Pasar Jelang Nataru

Operasi Pasar

READ.ID – Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim menginstruksikan kepada Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Gorontalo dan kabupaten/kota untuk menggelar operasi pasar dalam rangka menjaga ketersediaan stok kebutuhan pokok dan kestabilan inflasi menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HKBN) Natal 2021 dan tahun baru 2022.

Hal itu ditegaskannya pada High Level Meeting TPID Provinsi Gorontalo yang berlangsung di aula Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Gorontalo, Selasa (14/12/2021).

“Harus ada intervensi dari pemerintah provinsi dan kabupaten/kota melalui operasi pasar ataupun pasar murah untuk mengendalikan kenaikan harga bahan pokok dalam menghadapi Natal 2021 dan tahun baru 2022,” tegas Wagub Idris Rahim.

Idris Rahim mengatakan, perlunya melakukan pemantauan kenaikan harga komoditi kebutuhan pokok, dan menginformasikannya kepada masyarakat secara harian.

TPID Provinsi dan Kabupaten/Kota akan tetap menerapkan strategi 4K yaitu Ketersediaan pasokan, Keterjangkauan harga, Kelancaran distribusi, dan Komunikasi efektif, untuk menjaga kestabilan inflasi diakhir tahun 2021.

Lebih lanjut Wagub Idris mengutarakan, TPID Provinsi dan Kabupaten/Kota akan bersinergi dengan Satgas Pangan untuk melakukan inspeksi ke pasar-pasar dan pergudangan untuk memastikan ketersediaan stok bahan pokok aman.

Menurutnya, salah satu hal penting yang perlu dipastikan adalah tidak terjadi penimbunan bahan pokok oleh oknum tertentu yang bisa memicu terjadinya kenaikan harga.

“Tugas kita sebagai aparatur untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan menjaga inflasi. Oleh karena itu tetap lakukan koordinasi, sinergitas, dan kolaborasi dengan seluruh pihak terkait agar stok bahan pokok tersedia dan harganya terjangkau. Kami juga mengimbau masyarakat untuk melakukan konsumsi secara wajar dan belanja bijak,” tutur Idris Rahim.

Berdasarkan data Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan (Kumperindag) Provinsi Gorontalo, kondisi stok untuk 11 komoditi bahan pokok saat ini mengalami surplus.

Untuk minyak goreng, stok yang tersedia pada salah satu distributor sebanyak 300 ton.

“Kami ada kegiatan pasar murah untuk menyambut Natal 2021 dan tahun baru 2022. Pada tanggal 9 Desember 2021 sudah dilaksanakan di Gentuma dan selanjutnya akan digelar di Desa Kaaruyan dan Karangetan,” tandas Eldat Rahim, Kabid Perdagangan Dinas Kumperindag Provinsi Gorontalo.