Tuntaskan Persoalan Lahan, Pemdes Bulangita Beri Apresiasi Kepada PT. PETS

PT. PETS

READ.ID – Tuntasnya persoalan pembebasan lahan yang masuk dalam lokasi pembangunan jalan Bypass yang dikerjakan oleh PT. Puncak Emas Tani Sejahtera (PETS), mendapat aperisasi dari Pemerintah Desa (Pemdes) setempat.

Dijelaskan Kepala Desa (Kades) Bulangita Fendi Diange, pihaknya memuji upaya perusahaan yang telah menyelesaikan persoalan lahan warga yang menjadi lokasi pembangunan jalan bypass, dimana itu menjadi akses untuk menuju ke lokasi pertambangan milik meraka.

Disampaikan Fendi, lahan warga yang memiliki setrifikat tersebut telah di bayarkan oleh PT. PETS sebagai ganti untung mereka karna lahanya akan dibangunkan jalan sebagai akses utama menuju lokasi pertambangan.

“Jadi kaitan pembebasan lahan yang menjadi kawasan pembangunan jalan perusahaan, mereka yang sudah lengkap administrasi, Alhamdulillah sudah dibayarkan, terkecuali ada punya pak Hasan Harun itu, dan itu bukan kesalahan perusahaan, melainkan sertifikat tanah miliknya tercecer di kantor pertanahan, mungkin suda dibayarkan karena informasi yang saya tahu seperti itu,”ungkapnya kepada awak media Kamis (27/10/2022)

Selanjutnya, dikatakan Fendi, ada sebanyak 19 orang warganya yang lahan mereka telah dibayarkan oleh PT. PETS, termasuk satu orang yang bermasalah di sertifakikat.

“Kurang lebih 19 orang kalau tidak salah, bahkan yang bermasalah satu orang punya itu, pihak perusahaan sudah membantu mendatangi instansi terkait demi keluarnya sertifikat tanah dan akan segera dibayarkan,”tuturnya

Disamping itu, selain apresiasi dirinya juga bersyukur atas pembangunan jalan tersebut, dimana menurutnya, akan menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Kami bersyukur adanya pembangunan jalan tersebut, mengingat hal itu dapat meningkatkan PAD di Bumi panua, ukan hanya PAD, malahan perusahaan telah membayarkan hasil pertanian untuk dipercayakan ke Desa guna mengelola hasil pertanian seperti jagung, kelapa, demi pembangunan infrastruktur yang ada di Desa Bulangita,”imbuhnya

Olehnya, Fendi berharap, terkait program perusahaan yang dapat mengembangkan Desa dan masyarakat untuk segera direalisasikan.

“Alhamdulillah ada program peningkatan ekonomi masyarakat dari perusahaan, semoga hak tersebut dapat membantu kami yang berada di Desa khususnya desa Bulangita tercinta ini,”tandasnya

Baca berita kami lainnya di

banner 468x60