UNG kerjasama dengan UKDW, tingkatkan kapasitas kelembagaan

UNG UKDW

READ.ID – Universitas Negeri Gorontalo (UNG) tak henti-hentinya memajukan kapasitas kelembagaan, kali ini mereka membangun kerja sama dengan Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta.

Rektor UNG Dr. Ir. Eduart Wolok, S.T, M.T, dalam kunjungannya ditemani oleh sejumlah pimpinan dan disambut langsung oleh rektor UKDW Ir. Henry Feriadi, MSc, Ph.D. Dalam rangka penandatanganan kerjasama antara kedua perguruan tinggi.

“Salah satu cara mempercepat perkembangan dan kemajuan perguruan tinggi yakni melalui kerjasama, apa yang kita lakukan ini merupakan langkah dan upaya menuju kearah sana,” ungkap Eduart Wolok.

Eduart Wolok mengaku geliat kerjasama menjadi ikhtiar dalam bentuk sinergitas untuk maju dan berkembang secara bersama-sama. Karena sebagai perguruan tinggi yang sedang berkembang, akan menghadapi kondisi sulit jika hanya mengandalkan kapasitas masing-masing perguruan tinggi.

Lebih lanjut dia menjelaskan selain untuk peningkatan kapasitas kelembagaan, kerjasama ini akan bergerak dalam bidang pengembangan cyber kampus, dan juga kedua lembaga akan fokus pada riset untuk mereplikasi pengembangan kawasan wisata pantai selatan yang menjadi konsen dari UKDW.

“Untuk memuluskan langkah itu kami ingin mereplikasi pengembangan desa yang sudah dikembangkan terlebih dahulu oleh mitra kami seperti yang dilakukan UKDW melalui desa wisata,” ujarnya.

Terlebih UNG saat ini tengah menggagas kawasan ekonomi khusus Teluk Tomini dan Maluku Utara dikembangkan dengan konsep pedesaan yang menjadi pertama di Indonesia.

Eduart Wolok berharap apa yang telah dikembangkan oleh UKDW dapat di share ke UNG sebagai salah satu perguruan tinggi di kawasan timur Indonesia yang ingin terus berkembang mewujudkan kampus unggul dan berdaya saing.

Sementara itu Rektor UKDW Ir. Henry Feriadi, MSc, Ph.D, berharap kerjasama kemitraan antara UNG dan UKDW, dapat menjadi pemantik ide dan gagasan kerjasama kemitraan yang terpadu dan berkesinambungan sehingga memberikan dampak positif pada masyarakat luas