UPT Perpustakaan UNG Perkuat Kapasitas Penyusunan Karya Ilmiah

READ.ID – Dalam upaya penguatan kapasitas penyusunan karya ilmiah, khususnya dikalangan mahasiswa, UPT Perpustakaan Universitas Negeri Gorontalo (UNG), melaksanakan workshop navigasi artikel bereputasi.

Kegiatan itu berlangsung di Aula UPT Perpustakaan, dengan menerapkan protokol kesehatan yang begitu ketat, Kamis (7/10/2021).

Kepala UPT Perpustakaan UNG, Dr. Ismet Sulila, M.Si menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kerja sama antara UPT Perpustakaan dengan FPPTI dan IPI Provinsi Gorontalo.

“Kami berharap, melalui workshop ini para mahasiswa akan semakin terbiasa membaca artikel-artikel dalam database bereputasi sebagai sumber rujukan,” terang Ismet.

Ismet menambahkan, bahwa sitasi artikel bereputasi akan meningkatkan kualitas argumentasi yang dituangkan di dalam karya ilmiah, seperti skripsi, tesis dan disertasi.

Sub-koordinator UPT Perpustakaan UNG, Hans Ruchban, S.Pd, mengatakan bahwa pihaknya mengundang Dr. Abid sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut.

“Untuk peserta workshop, kami mengundang mahasiswa S1, S2, dan S3 di UNG, pustakawan serta Dinas Kearsipan dan Perpustakaan, baik kabupaten, kota dan provinsi,” kata Hans.

Sementara itu, menurut Abid, argumentasi dalam tulisan ilmiah tidak hanya didukung oleh sumber rujukan empiris yang mutakhir, tetapi juga bereputasi sehingga klaim yang disajikan benar-benar valid.

“Kita mengeksplorasi bagaimana menemukan artikel yang sesuai dengan topik penelitian di dalam database yang dilanggan oleh Perpusnas RI, dalam Sinta, termasuk juga memanfatkan fitur-fitur yang ada di dalam Google Cendikia,” tandas Abid.