Viral, Video Presiden Jokowi Promosikan Babi Panggang Jelang Lebaran

Babi Panggang Jokowi
Presiden RI Joko Widodo

READ.ID – Menjelang lebaran, video pidato Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) yang mempromosikan Bipang (babi panggang) Ambawang, viral di media sosial.

Hal itu menjadi perbincangan warganet karena babi merupakan makanan yang haram dikonsumsi umat islam.

Dalam potongan video yang tersebar, Jokowi menyarankan agar masyarakat yang merindukan kuliner khas daerah, masyarakat bisa memesannya melalui online.

Jokowi kemudian menyebut sejumlah kuliner khas di beberapa daerah, termasuk Bipang atau babi panggang kuliner asal Kalimantan.

Video tersebut sebenarnya merupakan potongan video pidato Jokowi yang diunggah di akun YouTube Kementerian Perdagangan pada 5 Mei 2021. Video bertajuk ‘05.05 Hari Bangga Buatan Indonesia’ itu berisi acara peringatan bangga dengan produk lokal.

Dalam pidatonya, Jokowi awalnya mengingatkan warga atar tidak mudik pemerintah melarang mudik Lebaran demi keselamatan warga.

“Bapak/Ibu dan Saudara-saudara sekalian, sebentar lagi Lebaran. Namun, karena masih dalam suasana pandemi, pemerintah melarang mudik untuk keselamatan kita bersama,” kata Jokowi dalam video tersebut.

Dia mengimbau warga memesan kuliner khas daerah secara daring (online). Salah satu yang disebut Jokwi adalah bipang Ambawang, yang merupakan babi panggang khas Kalimantan Barat.

“Untuk Bapak/Ibu dan Saudara-saudara yang rindu kuliner khas daerah atau yang biasannya mudik membawa oleh-oleh, tidak perlu ragu untuk memesannya secara online. Yang rindu makan gudeg Jogja, bandeng Semarang, siomay Bandung, empek-empek Palembang, bipang Ambawang dari Kalimantan, dan lain-lainnya, tinggal pesan. Dan makanan kesukaan akan diantar sampai ke rumah,” ujar Jokowi.

(RL/Read)

Baca berita kami lainnya di

banner 728x90

banner 728x90