Wali Kota Gorontalo Dorong Pengelolaan APBD 2022 dilaksanakan Efektif, Ekonomis, dan Efisien

Pengelolaan APBD 2022

READ.ID – Wali Kota Gorontalo Marten Taha menegaskan kepada seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), agar pada pengelolaan APBD di tahun anggaran 2022, harus dilaksanakan secara efektif, ekonomis dan efisien.

Hal ini ditegaskannya, saat menghadiri rapat tindak lanjut hasil review BPKP, terhadap dokumen perencanaan dan penganggaran daerah tahun 2022, di Grand Q Hotel, Selasa (14/12/2021).

Menurut Wali Kota Gorontalo, agar menghasilkan pengelolaan anggaran yang lebih maksimal, maka seluruh pimpinan OPD diharapkan dapat memanfaatkan APBD tahun 2022 itu berdasarkan kriteria 3E.

“Yakni efektif, ekonomis, dan efisien”, tegas Wali Kota.

Selain itu, Wali Kota berharap, agar pengelolaan anggaran dan belanja daerah, harus disesuaikan berdasarkan kebutuhan. Sehingga, kedepan tidak ada penggunaan anggaran yang terkesan mubazir.

“Nah, apabila cara perhitungannya tidak rasional atau tidak sesuai target output yang ada. Tentunya, dapat berdampak bagi daerah itu sendiri, terlebih lagi keberhasilan program dan jalannya kebijakan telah ditentukan dari awal”, sambung Marten Taha.

Wali Kota pun berharap, agar pihak terkait dalam hal ini Bappeda, BPKP dan Inspektorat, dapat mengawal proses perencanaan anggaran di tahun mendatang, tandasnya.

(Rinto/Read)