Wali Kota Gorontalo pastikan masyarakat dapat air bersih dampak El Nino

Wali Kota Gorontalo pastikan masyarakat dapat air bersih dampak El Nino

banner 468x60

READ.ID – Wali Kota Gorontalo, Marten Taha menghadiri rapat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) yang digelar oleh Pemerintah Kota Gorontalo di Kota Manado, Rabu (6/09/2023).

Dalam pertemuan itu, salah satu materi yang dibahas adalah fenomena El nino yang menimpa sejumlah wilayah di Indonesia beberapa bulan terakhir, tak terkecuali Gorontalo.

banner 468x60

El Nino ini, kata Marten, memberikan dampak kekeringan dan kesulitan air bersih di sejumlah wilayah. Oleh karena itu, Ia menegaskan perlu ada langkah antisipasi yang dilakukan bersama, salah satunya memberikan edukasi kepada warga akan bahaya fenomena tersebut.

“Perlunya memberikan sosialisasi kepada masyarakat, agar dampak buruk dapat diminimalisasi sejak awal. Bagi OPD terkait, saya perintahkan dapat menindaklanjuti hal tersebut,” ungkapnya.

Ia pun meminta seluruh saluran yang dimiliki oleh pemerintah maupun swasta untuk dioptimalkan dalam sosialisasi ini.

Seperti Dinas Kominfo melalui media publikasi terus-menerus memberikan informasi kepada masyarakat. Demikian pula dengan instansi vertikal serta seluruh stakeholder terkait untuk bersama-sama memberikan pemahaman kepada warga.

Marten juga menambahkan, saat ini Pemerintah Kota Gorontalo terus melakukan penanganan dengan menyuplai air bersih di wilayah yang mengalami kesulitan air.

“Wilayah kota yang kesulitan air bersih alhamdulillah bisa terdistribusi air dan tertangani dengan baik melalui PDAM Muara Tirta,” terangnya.

Upaya penanganan ini, lanjut Marten, tidak hanya di Kota Gorontalo, di wilayah tetangga pun ikut dibantu dengan distribusi mobil tangki PDAM, termasuk di sejumlah desa lainnya.

Selain dampak elnino, rapat Forkopimda ini juga turut membahas sejumlah poin penting lain, di antaranya penataan dan relokasi Pasar Sentral, serta perkembangan keamanan dan ketertiban di wilayah Kota Gorontalo.

Selain itu, dibahas juga informasi perkembangan tahapan pelaksanaan pemilu legislatif tahun 2024, penanganan stunting di wilayah Kota Gorontalo, pengendalian inflasi, serta isu tentang kebocoran data kependudukan.

Baca berita kami lainnya di

banner 468x60