Wali Kota Marten Taha Dorong Semua Pihak Maksimalkan Target Penerimaan PAD Kota Gorontalo

PAD Gorontalo

READ.ID – Wali Kota Marten Taha mengharapkan sektor penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) menjadi fokus perhatian bersama, serta meningkatkan kepedulian atas progres capaian realisasi penerimaan di Kota Gorontalo.

Sebab, kata Wali Kota, salah satu sumber pembiayaan kegiatan di Kota Gorontalo berasal dari sektor penerimaan pendapatan yakni pajak bumi dan bangunan.

“Sehingga, jika pendapatan kita meningkat, maka akan memberikan pengaruh terhadap realisasi capaian program dan kegiatan pemerintah pada tahun anggaran 2022 ini”, ungkap Marten Taha, saat membuka kegiatan Rapat Koordinasi dan Evaluasi dan Pengelolaan Pajak Bumi Bangunan triwulan III Tahun 2022 di Kota Gorontalo, Senin (3/10/2022).

Wali Kota sendiri mengakui, untuk mayoritas penerimaan di Kota Gorontalo, banyak mengendalkan sektor perdagangan dan jasa. Untuk itu, harus memaksimalkan pemungutan pendapatan.

Mengingat, begitu banyak bangunan yang digunakan untuk usaha, rumah tinggal, dan lain sebagainya, yang menjadi potensi sumber pendapatan.

Lebih lanjut, Wali Kota Gorontalo menjelaskan, saat ini progres capaian penerimaan pendapatan asli daerah (PAD), mencapai 58.22 % atau kurang lebih senilai Rp154 Milyar dari target penerimaan PAD yang telah ditetapkan pada APBD tahun anggaran 2022, yakni Rp265 Milyar.

Sedangkan, untuk pencapaian penerimaan pajak bumi dan bangunan sampai dengan bulan September 2022 mencapai 67.10%.

“Atau sebesar Rp6.7 Milyar dari target Rp10 Milyar”, ucap Wali Kota.

Melihat total tersebut, Wali Kota menilai bahwa realisasi penerimaan PAD belum memenuhi target yang seharusnya berada diangka 75% dari target.

“Olehnya, saya berharap progres ini harus dimaksimalkan oleh seluruh pihak, mulai dari Badan Keuangan, Camat, hingga ketingkat Lurah, untuk bersama-sama memenuhi target capaian yang telah ditentukan”, tegas Wali Kota.

Terakhir, Wali Kota berpesan agar, melalui kegiatan ini, akan tercipta perubahan pola pikir dan pola tindak, dalam upaya mendukung peningkatan PAD, sehingga pada tahun ini akan lebih kreatif lagi, dalam menggali sumber-sumber pendapatan.

“Marilah kita bersama-sama berkomitmen menyatukan semangat dalam memaksimalkan PAD, walaupun masih banyak catatan yang harus diselesaikan dan menjadi pekerjaan rumah bagi kita semua”, pesannya.

Baca berita kami lainnya di

banner 468x60