Wali Kota Marten Taha Harapkan Pendapatan Asli Daerah Kota Gorontalo Meningkat

Pendapatan Asli Daerah

READ.ID – Wali Kota Marten Taha mengatakan, saat ini pemerintah Kota Gorontalo terus berupaya meningkatkan Pendapatan Asli Daerah, melalui optimalisasi pajak dan retribusi daerah.

Upaya tersebut, melalui pelaksanaan Bimbingan Teknis yang diikuti oleh jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Selasa (15/11/2022) di Kota Manado.

Disampaikan Wali Kota, tujuan dari pelaksanaan ini, yakni untuk menambah pengetahuan para pengelola pajak dan retribusi daerah agar PAD di Kota Gorontalo sehingga bisa meningkat.

Tidak hanya itu, termasuk bagaimana melaksanakan kegiatan pemeriksaan dan pengawasan terhadap wajib pajak dan retribusi daerah.

“Serta tentang cara yang lebih efektif dalam mengoptimalkan pengelolaan Pendapatan Asli Daerah melalui pemungutan pajak”, ungkap Wali Kota.

Wali Kota Gorontalo menambahkan, untuk PAD ini, menjadi salah satu sumber pembiayaan, yang menjadi penopang di dalam melaksanakan pembangunan di daerah.

Sebab, kata Wali Kota, PAD tersebut akan menjadi ujung tombak penerimaan daerah.

“Mengingat, untuk penerimaan dana transfer ke daerah setiap tahunnya selalu berkurang, maka daerah diharapkan mampu untuk menjadi daerah yang mandiri, dengan mengoptimalkan penerimaan daerah, melalui sektor pajak dan retribusi daerah”, tambah Marten Taha.

Diharapkan Wali Kota lagi, bagi penerimaan PAD ini, dapat di maksimalkan dengan sebaik mungkin.

“Tentunya, dengan melakukan pembenahan, melalui berbagai strategi, dan memanfaatkan peluang yang dimiliki oleh Kota Gorontalo sebagai Ibu Kota Provinsi”, ujar Wali Kota.

Terakhir, pihaknya berharap agar dengan dilaksanakannya Bimtek ini, dapat memberikan hasil maksimal terhadap peningkatan PAD di Kota Gorontalo.

Baca berita kami lainnya di

banner 468x60