Wali Kota Marten Taha Perintahkan Dinas Terkait Tangani Warga Kota Gorontalo yang Terkena Genangan Air

Wali Kota Gorontalo

banner 468x60

READ.ID – Curah hujan yang turun dengan intensitas tinggi sejak Minggu (17/7/2022) malam, membuat sebagian wilayah di Provinsi Gorontalo terkena tergenang air. Tak terkecuali dengan beberapa wilayah di Kota Gorontalo.

Menanggapi hal ini, Wali Kota Gorontalo Marten Taha sendiri, langsung mendatangi beberapa titik lokasi genangan air di permukiman warga seperti di Kelurahan Libuo, untuk meninjau kondisi yang dialami masyarakat.

banner 468x60

Marten Taha mengungkapkan, luapan air yang sampai ke permukiman warga tersebut, merupakan dampak dari curah hujan tinggi yang terjadi sejak Minggu malam.

Untuk menindaklanjuti hal ini, kata Wali Kota, pihaknya telah memerintahkan dinas terkait, untuk menangani persoalan luapan air yang sampai ke permukiman warga itu.

“Hal ini dilakukan, agar kondisi pemukiman warga tersebut, dapat kembali normal meski dilanda hujan dengan instensitas tinggi”, ungkap Wali Kota.

Menurut Wali Kota, luapan air yang sampai ke permukiman warga tersebut, disisi lain juga diakibatkan oleh tumpukan sampah yang ada di saluran air.

Meski demikian, kata Wali Kota, walaupun kondisi ini diakibatkan olah cuaca yang ekstrim, bukan berarti terlepas dari tanggungjawab Pemerintah Kota Gorontalo.

“Tentunya, saya sendiri serta aparat kelurahan dan kecamatan serta pejabat lain, turun langsung ke lokasi genangan air seperti di Kelurahan Libuo”, tegas Marten Taha saat meninjau kondisi pemukiman warga, Senin (18/7/2022).

Tidak hanya itu, Wali Kota pun langsung memberikan instruksi kepada dinas terkait, untuk segera menangani persoalan ini agar tidak berlarut-larut.

“Sebab, saya sangat khawatir dengan masyarakat, pasti mereka akan kedinginan, ketika air masuk ke dalam rumah”, kata Wali Kota dua periode ini.

Ditambahkan Wali Kota, adapun upaya lainnya yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Gorontalo sendiri, yaitu melalui Baznas Kota Gorontalo dan Dinas Sosial Kota Gorontalo, yang telah menyalurkan bantuan makanan siap saji, untuk masyarakat yang terdampak.

“Intinya, upaya yang dilakukan ini, merupakan bentuk gerak cepat penanganan bencana, dengan menyalurkan makanan siap saji untuk masyarakat yang terdampak”, tambahnya.

Selain itu, Wali Kota pun menegaskan kepada seluruh aparat kelurahan, untuk mendata warga yang terdampak.

“Terakhir, kami menghimbau kepada seluruh masyarakat, agar tetap waspada dalam beraktivitas di tengah cuaca yang ekstrim ini, dan cepat melaporkan ke aparat kelurahan, jika ada hal-hal yang terjadi”, pesan Wali Kota.

Baca berita kami lainnya di

banner 468x60