Wali Kota: Peran dan Fungsi Kapasitas DPRD Kota Gorontalo terus ditingkatkan

Peran DPRD Kota Gorontalo

banner 468x60

READ.ID – Wali Kota Marten Taha mengharapkan peran dan fungsi DPRD Kota Gorontalo, agar terus ditingkatkan serta dimaksimalkan.

Bagi Wali Kota sendiri, hal ini menjadi suatu kebutuhan yang mesti diupayakan dan diperjuangkan, sehingga bisa melaksanakan tugasnya.

banner 468x60

Harapan ini disampaikan Wali Kota, saat menghadiri kegiatan peningkatan kapasitas DPRD Kota Gorontalo, yang dilaksanakan di Kota Manado, Senin (7/2/2022).

Diungkapkan Wali Kota, pelaksanaan ini, tujuannya demi tercapainya wewenang dan hak-hak secara efektif sebagai wakil rakyat di pemerintah daerah bisa terlaksana.

Marten Taha berpendapat, berhasil atau tidaknya peningkatan kapasitas peran dan fungsi DPRD dapat diukur dari seberapa peran aktif DPRD dalam pembangunan pelayanan ketika mendengar aspirasi rakyat.

“Juga, keikutsertaan dalam memberikan saran agar kedepan lebih baik pencapaian tugasnya”, tegas Wali Kota.

Juga, kata Wali Kota, hal itu secara langsung akan terlihat juga sejauh mana DPRD telah melakukan pengawasan secara menyeluruh dan efektif.

Bahkan, DPRD pun harus mampu meningkatkan pemahaman dengan mengenal etika politik agar pelaksanaan fungsi-fungsi anggaran, legislasi, dan pengawasan dapat berlangsung secara etis dan proporsional.

“Tentunya, DPRD akan mampu menempatkan dirinya secara proporsional, baik dalam berbicara, maupun bersikap dalam bertindak, serta tidak melupakan posisinya sebagai wakil rakyat”, tandasnya. (Rinto/Read)

Baca berita kami lainnya di

banner 468x60