Wali Kota Tatong Bara Kunker ke Pemkot Yogyakarta

KOTAMOBAGU, READ.ID – Wali Kota Kotamobagu, Tatong Bara, melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Pemkot Yogyakarta.

Wali Kota dan rombongan OPD Pemkot Kotamobagu diterima oleh Asisten II Setda Kota Yogyakarta, Sadri Renggono, di ruang pertemuan Yudistira Kantor Wali Kota Yogyakarta.

Kunjungan kerja ini terkait Sistem Akuntabiltas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP).

“Pemerintah Kota Yogyakarta sejak tahun 2019 sudah mendapatkan predikat A dalam hasil evaluasi SAKIP oleh Kemenpan RB. Untuk itulah kami datang berkunjung ke sini,” kata Kepala Bagian Organisasi Setda Kota Kotamobagu, Ahmad Afandy Abasi, Kamis 3 November 2022.

Predikat A yang diperoleh Pemkot Yogyakarta ini, lanjut Andy berkat kolaborasi yang baik antar perangkat daerah dalam perencanaan kinerja, evaluasi internal dan capaian kinerja.

“Pemkot Yogyakarta sudah membangun sistem informasi e-SAKIP yang sudah terintegrasi sebagai upaya peningkatan kualitas pelaksanaan akuntabilitas kinerja dan meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelaksanaan kegiatan dan penggunaan anggaran,” ujarnya.

Selain itu, Bappeda Kota Yogyakarta bersama tim juga rutin melakukan evaluasi capaian kinerja setiap 3 bulan melalui mekanisme desk timbal balik yanh bertujuan untuk mengevaluasi kinerja perangkat daerah dan hasilnya kemudian dilaporkan kepada pimpinan daerah.

“Dalam pembagian tugas, Bappeda difokuskan terhadap penyusunan LAKIP, sedangkan Bagian Organisasi bertugas untuk pendampingan dan fasilitasi penyusunan LAKIP perangkat daerah,” terang Andy.

Dikatakannya SAKIP mempunyai peran strategis dalam upaya peningkatan penyelenggaraan pemerintahan sehingga diharapkan dengan adanya kunjungan kerja ini akan menambah wawasan serta pemahaman perangkat daerah.

“Terutama terkait perencanaan kinerja, pengukuran kinerja, laporan kinerja, evaluasi internal dan capaian kinerja, sehingga akan mendongkrak pencapaian nilai SAKIP Pemkot Kotamobagu sesuai target BB dalam RPJMD,” pungkasnya. (*)

Baca berita kami lainnya di

banner 468x60