Warga Gorontalo Gempar Lihat Meteor, Begini Penjelasan BMKG

Meteor Gorontalo

READ.ID – Sejumlah warga Gorontalo ramai memperbincangkan meteor yang terlihat sejak Selasa (16/3/2021) malam.

Penyebab adanya meteor pun mulai ramai dipertanyakan. Pasalnya, dalam rekaman video yang beredar, nampak meteor dengan cahayanya itu melaju cepat bagaikan kilat.

Penampakannya juga hanya terlihat kurang lebih 5 detik saja. Setelah itu, hilang. Selain di Gorontalo, penampakan ini juga terlihat di beberapa daerah lain.

Berikut video meteor terlihat di Gorontalo:

Sementara pihak Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Gorontalo saat dikonfirmasi wartawan read.id memberikan penjelasan mengenai hal itu.

Koordinator Bidang Data dan Informasi, Stasiun Meteorologi Kelas I Djalaluddin Gorontalo, Wahyu Guru Imantoko mengatakan, fenomena itu adalah hal yang biasa. Mengingat di luar angkasa begitu banyak benda langit yang setiap saat terus bergerak.

“Banyak benda-benda langit di luar angkasa yang melintas. Kemudian ada yang berhasil masuk ke atmosfer kita (bumi). Ketika benda langit itu bergesekan dengan atmosfer kita, dia akan menyala,” jelas Wahyu, Rabu (17/3/2021).

Selain itu, adanya gesekan panas juga bisa mengakibatkan benda-benda itu menyala.

Dirinya menerangkan, hal berbahaya akan muncul jika benda itu jatuh, dan masih utuh sampai ke permukaan bumi. Hal tersebut juga mesti diwaspadai.

“Apalagi jatuhnya kalau sampai ke daerah yang padat penduduk,” tuturnya.

Namun demikian, ungkap Wahyu, ketika ada cahaya meteor dan kemudian menghilang, maka benda itu tidak sampai ke permukaan bumi. Hal tersebut juga tak perlu dikhawatirkan.

“Kalau dia tidak sampai ke permukaan bumi, ini tidak ada berdampak negatif, tidak berbahaya. Sampai saat ini juga belum ada laporan dari masyarakat bahwa ada benda asing jatuh di sekitar mereka,” bebernya.

Ia menambahkan, fenomena meteor yang terlihat di Gorontalo adalah benda langit yang bergerak, tetapi tidak sampai ke permukaan bumi.

(Wahyono/Read)