Wisata Hiu Paus Gorontalo Recomended Bagi Para Penyelam

READ.ID – Wisata Hiu Paus atau Whale Shark Tour yang berada di Desa Botubarani, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, sangat recomended bagi para penyelam.

Spot tersebut sangat cocok untuk snorkeling maupun diving. Terlebih pihak penanggung jawab Wisata Hiu Paus tersebut juga menyediakan peralatan menyelam untuk disewakan.

Alat snorkeling dan diving yang disediakan pihak penanggung jawab tempat Wisata Hiu Paus Gorontalo.

Bagi para wisatawan yang tidak ingin menyelam, dapat menikmati dan berinteraksi pemandangan Hiu Paus dari atas, yang selalu muncul di permukaan tidak jauh dari bibir pantai.

Salah satu Tour Guide Wisata Hiu Paus Gorontalo Agus Kamba, mengungkapkan Hiu Paus atau Whale Shark yang muncul di sekitar tempat itu pada Sabtu (19 Juni 2021), sekitar 6 ekor.

“Tadi ada enam ekor Hiu Paus. Kalau empat hari yang lalu, ada sekitar dua belas ekor yang menampakkan dirinya di permukaan,” beber Agus Kamba.

Menurut Agus, para wisatawan bisa berinteraksi secara langsung dengan Hiu Paus tersebut, namun tetap harus menjaga jarak minimal 2 meter dan tidak menyentuh hewan tersebut.

“Jadi sebelum turun menyelam, kita melakukan brifieng terlebih dahulu, tata cara berinteraksi dengan Hiu Paus, untuk menjaga agar tidak kena kibasan ekor, serta kulitnya yang kasar,” ungkap Agus.

Sementara itu, Selebgram Indonesia Karin Novilda Sulaiman atau kerap disapa Awkarin, yang juga sedang menikmati pesona Wisata Hiu Paus dengan diving, mengaku sangat terpukau dengan tempat itu.

Selebgram Indonesia Karin Novilda Sulaiman (Awkarin) saat akan melakukan diving di Wisata Hiu Paus Gorontalo, Sabtu (19 Juni 2021).

“Ini pertama kali menyelam sama Whale Shark, tadi ada sekitar emam ekor dan cukup gede. Tempat ini wajib banget bagi kalian semua yang belum pernah ke Whale Shark Tour Gorontalo untuk traveling,” imbau Awkarin.

Oleh-oleh ikonik miniatur Hiu Paus hasil produktifitas masyarakat setempat.

Selain tempat wisata yang cukup memukau dipandang mata, tersedia juga lapak yang menjual oleh-oleh ikonik Hiu Paus, sebagai cendera mata teranyar khas Gorontalo.

Lapak oleh-oleh tersebut mulai dikembangkan, setelah Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Bone Bolango, melakukan bimbingan kepada para warga di seputar lokasi wisata, untuk meningkatkan produktifitas.

Alhasil, warga setempat bisa meningkatkan perekonomian dengan memproduksi miniatur Hiu Paus. Harganya pun variatif dan cukup terjangkau, dari kisaran Rp10 ribu sampai dengan Rp50 ribu.

(Setiawan/Read)